Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Excellent Ckass di MTs. Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Sari, Karisma Amalia (2018) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Excellent Ckass di MTs. Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KARISMA AMALIA SARI_084143021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kepala madrasah mempunyai peran aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah atau madrasah sehingga ia di haruskan memiliki kemampuan leadership yang baik. Sebab kepemimpinan kepala madrasah yang baik adalah yang mampu dan dapat mengelola semua sumber daya manusia. Sehingga kepala madrasah juga di tuntut untuk mampu menciptakan iklim organisasi dan program yang baik agar semua komponen sekolah dapat memerankan diri secara bersama untuk mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan. Kepala madrasah sebagai pemimpin lembaga pendidikan dengan berbagai fungsi dan perannya, adalah orang yang bertanggung jawab atas segala aktifitasnya, maju atau mundur, baik atau jelek kualitas pendidikan yang dipimpinya. Maka keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala madrasah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Excellent Class Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Excellent Class Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Administrator dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Excellent Class Di MTs Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitiatf dan jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah teknik observasi, interview, dan dokumenter. Dari data yang terkumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader yaitu terlihat dari kepemimpinan kepala madrasah yang mampu menjadi teladan, jujur, berkepribadian baik, dan transparan dalam melaksanakan perannya sebagai leader, karena selalu melakukan pencatatan dan laporan kepada yayasan yang mana bisa menjadi teladan bagi semua masyrakat madrasah. 2) Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu; kepala madrasah melakukan rapat mengenai pelaksanaan Workshop, memberi pelatihan di madrasah sendiri, dan memberi kesempatan kepada guru mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan diluar madrasah. 3) kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator yaitu dilaksanakan dengan mengelola Buku Pedoman Dokumentasi 1 Program Excellent Class, mengkoordinir kepala TU untuk melakukan pencatatan administrasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:40
Last Modified: 30 Mar 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21304

Actions (login required)

View Item View Item