Penerapan Metode Turki Utsmani dalam Menghafal AlQur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2017.

Utami, Rofika (2018) Penerapan Metode Turki Utsmani dalam Menghafal AlQur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofika Utami_084 131 128.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an sangat berbeda dengan menghafal kamus atau buku yang lainnya. Karena Al-Qur’an merupakan kalam Ilahi yang dapat mengangkat derajat orang yang menghafalkannya. Allah tidak akan pernah mempersulit orangorang yang akan mempelajari dan menghafalkan Al-Qur’an. Bahkan Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan dan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mempelajari dan menghafalkan Al-Qur’an. Metode Turki juga layak digunakan di dunia pesantren, supaya menjadi salah satu metode alternative dalam belajar cepat untuk menghafal Al-Qur’an. Salah satu pondok pesantren yang telah menerapkan metode Turki Utsmani adalah pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat Kesilir Wuluhan Jember. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Turki Utsmani dalam mengajarkan huruf hijaiyyah? 2) Bagaimana penerapan metode Turki Utsmani dalam memulai hafalan dari halaman terakhir setiap juz di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat desa Kesilir kecamatan Wuluhan kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendiskripsikan penerapan metode Turki Utsmani dalam mengajarkan huruf hijaiyyah, 2) mendiskripsikan penerapan metode Turki Utsmani dalam memulai hafalan dari halaman terakhir setiap juz di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat desa Kesilir kecamatan Wuluhan kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field risearch. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode Turki Utsmani dalam mengajarkan huruf hijaiyyah di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat desa Kesilir kecamatan Wuluhan kabupaten Jember ialah menggunakan metode Yanbu’a yang dimulai pada proses tahsin tartilul qur’an, baru kemudian diujikan hingga santri mendapatkan bacaan yang fasih dan benar. Pembelajaran pada orang dewasa dengan metode Yanbu’a disebut dengan RTQ Yanbu’a (Roudhoh Ta’limul Qur’an) 2) Penerapan metode Turki Utsmani dalam memulai hafalan dari halaman terakhir setiap juz di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Yasinat Kesilir Wuluhan Jember ialah menggunakan Al-Qur’an Rasm Utsmany dan dimulai dari halaman 20 dari setiap juz. Penerapan metode Turki Utsmani dalam memulai hafalan dari halaman belakang setiap juz di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an dibagi 3 tahap, yaitu tahap pertama menghafalkan juz 1- 10, tahap kedua juz 11- 20, dan tahap ketiga juz 21- 30. Keunggulan metode Turki Utsmani yakni hafalan lebih cepat serta dapat mengetahui letak halaman dari setiap juz, sedangkan kendala dengan metode Turki ini sulit dalam mengurutkan halaman dari setiap juz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:40
Last Modified: 30 Mar 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item