Perkembangan Prestasi Belajar Pasca Menikah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Jember Tahun Angkatan 2014.

Hernida, Khoiriyah Eka Putri (2018) Perkembangan Prestasi Belajar Pasca Menikah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Jember Tahun Angkatan 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIRIYAH EKA PUTRI HERNIDA_084 141 396.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh seseorang setelah mengalami sesuatu proses belajar dalam jangka wakttu terentu. Prestasi belajar juga diartikan sebagai kemampuan maksimal yang dicapai seseorang dalam suatu usaha yang menghasilkan pengetahuan atau nilai-nulai kecakapan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini difokuskan pada 1)Bagaimana Prestasi Belajar aspek Kognitif Pasca Menikah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember? 2)Bagaimana Prestasi Belajar aspek Afektif Pasca Menikah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember? 3)Bagaimana Prestasi Belajar aspek Psikomotorik Pasca Menikah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian yaitu: 1) prestasi belajar aspek kognitif mahasiswa FTIK PAI IAIN jember angkatan 2014 yang diteliti adalah IPK. Dari keenam narasumber hanya satu narasumber yang mengalami penurunan ketika sudah melangsungkan pernikhan dikarnakan harus menanggung beban tanggung jawab menafkahi anak dan isrtrinya, dan kelima narasumber yang lain mengalami kenaikan yang dikarnakan faktor dorongan dan motivasi dari pasangannya. 2) prestasi belajar aspek afektif mahasiswa FTIK PAI IAIN jember angkatan 2014 yang diteliti adalah interaksi sesama mahasiswa, berorganisasi dan kajian. Ketika mahsiswa melangsungkan pernikahan hasil belajar aspek afektif dari ke enam narasumber mengalami penurunan dikarnakan harus menanggung beban tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dan sebagai kepala rumah tangga yang memiliki kewajiban menafkahi anak dan isrtrinya. 3) bahwa sebagai mahasiswa/i yang sudah melangsungkan pernikahan pada masa studi mengalami penurunan dalam ranah psikomotorik baik dari skill dan juga dari aktifitas fisiknya. Ketika mahsiswa melangsungkan pernikahan hasil belajar Psikomotori dari ke enam narasumber lima mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:40
Last Modified: 30 Mar 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21306

Actions (login required)

View Item View Item