Penerapan Model Pembelajaran ASSURE dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Hakimah, Shilbi (2018) Penerapan Model Pembelajaran ASSURE dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shilbi Hakimah_084111042.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Dalam hal ini yang betugas merencanakan pembelajaran yang efektif adalah guru. Guru harus mengetahui karakteristik siswanya untuk dapat merancang pembelajaran yang efektif, serta mengetahui gaya belajar siswa, apakah gaya belajar visual, audiovisual, ataupun kinestetik. Setelah guru mengetahui gaya belajar siswa maka seorang guru akan menentukan metode apa yang akan digunakan untuk mengajar, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bisa tercapai. Model ASSURE adalah suatu panduan mengenai cara untuk merencanakan dan melaksanakan instruksional dalam pembuatan media. Model ASSURE berfokus pada perencanaan yang nyata di sekitar kelas dalam penggunaan media. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana perencanaan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2)Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, dan 3)Bagaimana evaluasi model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuannya adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis field research penelitian naratif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif interaktif Miles dan Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsaahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1)Perencanaan dilakukan dengan cara menganalisis karakter siswa dengan cara mengamati kondisi siswa berdasarkan data buku induk, melihat kemampuan awal siswa melalui jawaban pertanyaan materi dasar dari guru PAI, menganalisis kecenderungan gaya belajar siswa, dan mengetahui motivasi belajar siswa. Penetapan tujuan dengan merujuk pada kompetensi dasar dan merumuskan indikator serta sub-sub kompetensi. Pemilihan metode, media dan media disesuaikan dengan bentuk materi dan memprediksi efektifitas serta efisiensinya.2) Pemanfaatan bahan dan media pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan seperlunya sesuai kebutuhan. Guru PAI lebih sering menggunakan metode diskusi yang dibantu dengan media.Guru PAI lebih sering menggunakan metode diskusi yang dibantu dengan media. Partisipasi siswa diwujudkan dengan cara mengajak siswa untuk aktif, memberikan hadiah dan hukumaedukatif serta menerapkan strategi inkuiri.3) Evaluasi pembelajaran formatif dan sumatif berupa tes dan non-tes. Evaluasi program dengan melihat tingkat keberhasilan program dan dilihat dari daya tarik siswa selama mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:41
Last Modified: 30 Mar 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21309

Actions (login required)

View Item View Item