Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Progran Bilingual Berbahasa Asing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mahmudah, Shofiana (2018) Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Progran Bilingual Berbahasa Asing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofiana Mahmudah_084131196.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sistem bilingual yang menjadi pentingnya akan pendidikan yang bermutu di era globalisasi, dimana bahasa arab dan bahasa inggris akan menjadi bahasa yang penting untuk di kuasai sebagai bahasa global. Salah satu program yang di unggulkan di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember yaitu program bilingual di bagi menjadi 2 program berbahasa yaitu, program mingguan berbahasa dan pusat program berbahasa. Terselanggaranya program bilingual tidak hanya mampu meningkatkan potensi siswa dalam kemampuan berbahasa asing saja tetapi dapat mempercepat perbaikan mutu pendidikan yang baik pada lingkup nasional dan internasional. Fokus penelitian yang di teliti di skripsi adalah 1). Bagaimana aktualisasi nilai- nilai karakter dalam pekan mingguan berbahasa asing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018? 2). Bagaimana aktulalisasi nilai-nilai karakter dalam Pusat Program mingguan berbahasa asing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018? 3). Apa saja Kendala dalam mengaktualisasikan pengembangan bilingual berbahasa asing di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan aktualisasi nilai-nilai karakter dalam program mingguan berbahasa asing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018, 2). Mendeskripsikan aktualisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pusat Program Mingguan berbahasa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018, 3). Mendeskripsikan kendala dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter dalam Program Bilingual Berbahasa Asing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan AlQodiri 1 Jember (Islamic Boarding School) Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk metode penelitian ada beberapa unsur di antaranya: penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma kualititatif deskriptif jenis penelitian menggunakan field research, lokasi penelitian di Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, sumber yang di peroleh dari pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisa datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, maka dapat di simpulkan antara lain: 1). Aktualisasi nilai-nilai karakter dalam program mingguan berbahasa asing ialah, disiplin: kewajiban membaca al-qur’an 30 juz untuk siswa yang melanggar dalam kegiatan berbahasa asing. Jujur: tiap siswa memiliki buku saku jujur agar guru dapat memantau keseharian siswa dalam 24 jam. Toleransi: adanya jam makan bersama pada jam istirahat. Cinta lingkungan: terselanggaranya program adiwiyata yang di wujudkan menjaga kebersihan kelas ang bersifat kesadaran. 2). Aktualisasi nilai-nilai karakter dalam pusat program mingguan berbahasa asing yaitu, disiplin: siswa yang tidak melengkapi atribut mendapat sanksi di depan panggung sampai acara selesai. Kreatif : siswa dapat membuat kostum untuk acara drama dan membuat konsep lagu dalam acara yelyel. Mandiri: siswa di tuntut percaya diri dan optimis dalam kompetisi di PPM. 3). Kendala dalam mengaktualisasikan nilai-nilai karakter dalam pengembangan bilingual yaitu, kendala guru : pelaksanaan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat menjadi kendala yang dapat melemahkan sistem berbahasa asing bagi guru pengajar mata pelajaran umum. Kendala siswa : siswa yang pemalu dan tidak percaya diri menjadi kendala dalam mengasah kemampuan berbicara berbahasa asing. Kendala waktu : siswa harus membagi waktu dalam kegiatan di sekolah dan kegiatan pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:41
Last Modified: 30 Mar 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21311

Actions (login required)

View Item View Item