Peran Orang Tua Asuh Dalam Membentuk Kepribadian Anak di Yayasan Darul Aitam Kebonsari Jember Tahun 2017. Skripsi. Jember : IAIN Jember. Kata Kunci : Peran, Kepribadian

Maftuhah, Siti (2018) Peran Orang Tua Asuh Dalam Membentuk Kepribadian Anak di Yayasan Darul Aitam Kebonsari Jember Tahun 2017. Skripsi. Jember : IAIN Jember. Kata Kunci : Peran, Kepribadian. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maftuhah_084 121 332.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sejak terbentuknya keluarga ada beberapa tanggung jawab orang tua dalam mengurus dan membimbing anak-anaknya. Mengingat anak adalah generasi penerus dan merupakan tulang punggung kemajuan bangsa dan negaranya dimasa yang akan datang, patutlah sedini mungkin anak-anak diberi bekal wawasan berpikir, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani sehingga kelak menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang mandiri dan bertanggung jawab. Menyangkut mengenai kepribadian orang tua asuh di Yayasan Darul Aitam memiliki peran sebagai pengganti fungsi keluarga yang telah gagal dan kehilangan perannya sebagai pembentuk kepribadian, mental, spiritual anak yang bertujuan membimbing, mendidik, mengarahkan dan mengatur perilaku anakanak asuhnya agar menjadi seseorang yang mandiri dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Fokus penelitian ini adalah: bagaimana peran orang tua asuh sebagai pendidik dan pembimbing di Yayasan Darul Aitam Kebonsari Jember Tahun 2018. Dari fokus tersebut terdapat tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peran orang tua asuh sebagai pendidik dan pembimbing dalam membentuk kepribadian anak di Yayasan Darul Aitam Kebonsari Jember Tahun 2018. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian study kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian diperoleh bahwa, peran orang tua asuh dalam membentuk kepribadian anak sudah dalam kategori baik, terbukti dalam penelitian ini semua peran yang menjadi indikator keberhasilan dalam pembentukan kepribadian telah dilaksanakan oleh pihak orang tua asuh diantaranya : menanamkan keyakinan kepada Allah SWT, memberikan contoh dan teladan yang baik, memberikan perhatian dan memberikan pengawasan, yang semua itu berada dalam lingkup pengertian dan pembiasaan, adapun masih adanya sikap yang kurang baik yang dilakukan oleh anak menurut pengamatan penulis disebabkan adanya pengaruh dari lingkungan tempat bermain anak serta media elektronik maupun cetak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:41
Last Modified: 30 Mar 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21318

Actions (login required)

View Item View Item