Penerapan Metode Mudzakarah Menggunakan Dua Bahasa (Bilingual) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MAN Bondowoso Tahun Ajaran 2017-2018.

Azis, Muhammad Abdul (2018) Penerapan Metode Mudzakarah Menggunakan Dua Bahasa (Bilingual) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MAN Bondowoso Tahun Ajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Abdul Azis_084141054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso merupakan salah satu tingkat pendidikan menengah ke atas yang mengedepankan atau mementingkan peranan kecerdasan spiritual baik di dalam maupun di luar pembelajaran. Kecerdasan spiritual di Madrasah ini sangat diperhatikan dengan adanya bentuk kegiatan bilingual mengunakan dua bahasa, shalat dhuha berjama’ah, shalat dhuhur berjama’ah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, PKL maulid Nabi Muhammad SAW siswa dengan masyarakat, infak guru dan siswa serta berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. Penggunaan metode mudzakarah merupakan suatu cara yang digunakan dalam menyampaikan atau mengingatkan kembali bahan pelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan dengan mengadakan pertemuan ilmiah yang secara khusus membahas persoalan yang bersifat keagamaan. Pada dasarnya Mudzakarah dibedakan menjadi dua tingkat bagian kegiatan yaitu mudzakarah yang diselenggarakan oleh sesama siswa dan mudzakarah yang dalam pelaksanaannya dipimpin oleh seorang kiyai atau guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan metode mudzakarah menggunakan dua bahasa (bilingual) yang disampaikan oleh guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa MAN Bondowosos tahun ajaran 2017-2018 ?, 2) Bagaimana penerapan metode mudzakarah menggunakan dua bahasa (bilingual) yang disampaikan oleh siswa dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa MAN Bondowowso tahun ajaran 2017-2018 ?, 3) Bagaimana faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi penerapan metode mudzakarah menggunakan dua bahasa (bilingual) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa MAN Bondowoso tahun ajaran 2017-2018 ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dan subyek penelitian menggunakan purposive serta pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) Penerapan metode mudzakarah menggunakan dua bahasa (bilingual) yang disampaikan oleh guru atau kiyai dilakasanakan pada waktu tertentu. Salah satunya yang dikemas dalam kegiatan PESROM (pesantren ramadhan) setelah ba’dah shalat dhuha. Kegiatan tersebut tidak lepas dari peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Agama yang memiliki tanggung jawab besar pada semua kegiatan keagamaan, 2)penerapan metode mudzakarah menggunakan dua bahasa (bilingual) yang disampaikan oleh siswa dilaksanakan secara rutinitas sebagai bentuk pengembangan diri siswa, baik jasmani ataupun ruhaniah (terkecuali pada hari jum’at). Bahasa yang digunakan dalam penerapan metode mudzakarah di sesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan (Bahasa Arab pada hari senin atau digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii rabu, Bahasa Inggris pada hari selasa atau kamis dan Bahasa Bebas (Bahasa Indonesia atau Madura) pada hari Sabtu), 3)faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam penerapan metode mudzakarah. Pertama, mengenai faktor pendukung metode mudzakarah yaitu adanya semangat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut dan peserta didik memiliki kesempatan untuk tukar pendapat dalam memecahkan suatu masalah terutama mengenai keagamaan. kedua, mengenai faktor penghambat yaitu kurangnya referensi buku, pemasalahan materi yang dibahas hanya mengenai keagamaan dan kurangnya konsultan atau pembimbing dalam penerapan metode tersebut. Adapun solusinya yaitu memenuhi dari setiap apa yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan metode mudzakarah menggunakan dua bahasa (bilingual).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:42
Last Modified: 30 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item