Peran Guru Fiqih Dalam Program Literasi Budaya Membaca Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun 2017/2018

Munandar, Muhammad Aris (2018) Peran Guru Fiqih Dalam Program Literasi Budaya Membaca Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ARIS MUNANDAR_084 141 088.pdf

Download (5MB)

Abstract

Membaca sangat penting terutama didalam dunia pendidikan baik siswa maupun guru, membaca menjadi instrumen terpenting bagi mereka yang mengaku sedang menyandang predikat sebagai pelajar atau siswa, karena melalui membaca dapat membentuk karakter dan pola berfikir seseorang, serta menentukan jati diri di masa depan. Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi pada jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, siswa harus memiliki minat membaca agar ia dapat menambah wawasan salah satu cara untuk menumbuhkan minat membaca siswa yakni dengan adanya gerakan literasi budaya membaca. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Peran Guru Fiqih sebagai Pendidik dalam Program Literasi Budaya Membaca di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi? 2) Bagaimana Peran Guru Fiqih sebagai Pengajar dalam Program Literasi Budaya Membaca di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. 3) Bagaimana Peran Guru Fiqih sebagai Pelatih dalam Program Literasi Budaya Membaca di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan Peran Guru Fiqih sebagai Pendidik dalam Program Literasi Budaya Membaca di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. 2) Untuk mendiskripsikan Peran Guru Fiqih sebagai Pengajar dalam Program Literasi Budaya Membaca di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. 3) Untuk mendiskripsikan Peran Guru Fiqih sebagai Pelatih dalam Program Literasi Budaya Membaca di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan datanya adalah meggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian Peran Guru Fiqih Dalam Program Literasi Budaya Membaca Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun 2017/2018 adalah: 1) sebagai pendidik guru fiqih berperan menjadi: a) motivator, Memberikan pujian dengan memanggil bapak ibu guru kepada siswa yang berani menyampaikan isi dari yang telah dibaca, dan memberikan apresiasi berupa tepuk tangan dan memberikan pengertian tentang pentingnya dan manfaat membaca, b) inspirator, membentuk pola cara berfikir siswa dalam memahami literatur pesan dari bacaan yang ia baca dengan memberikan jawaban pertanyaan melalui cerita dan memberikan pengertian bagaimana cara menemukan jawaban dengan tetap menggunakan kemampuan nalar, c) fasilitator, membuat suasana literasi dikelas menjadi menyenangkan dengan menjalin komunikasi yang baik serta mampu menjelaskan maksut dari apa yang disampaikan oleh siswa. 2) sebagai pengajar guru fiqih melakukan, a) merencanakan, menyiapkan gambaran perencanaan secara umum mulai dengan metode untuk membuat suasana literasi digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix menyenangkan sampai menyiapkan tugas sebagai evaluasinya sebelum mendampingi kegiatan literasi namun tidak tertulis seperti RPP, b) melaksanakan, memberikan waktu kepada siswa unuk membaca bersama-sama, membuka kesempatan bagi siswa yang ingin menceritakan apa yang telah ia baca, kemudian memberi kesempatan untuk tanya jawab dan dilanjukan dengan selalu memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca, c) mengevaluasi, memberikan tugas berupa ngresume, memberikan pertanyaan, dan menyuruh siswa untuk menyampaikan inti dari yang dibacanya. 3) sebagai pelatih guru fiqih berperan menjadi: a) tauladan, ikut membaca buku bersama-sama siswa dan selalu mendampingi siswa setiap kegiatan litersi berlangsung, b) pembimbing, selalu menekankan tugas sebagai alternatif untuk memberikan arahan tentang pentingnya membaca dan membantu menjelaskan apa yang kurang dipahami oleh siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:17
Last Modified: 30 Mar 2023 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item View Item