Pengaruh Pemberian Humor Dalam Pembelajaran Dan Konsentrasi Belajar Fiqh Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Syaifullah, Tirtawan (2018) Pengaruh Pemberian Humor Dalam Pembelajaran Dan Konsentrasi Belajar Fiqh Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tirtawan Syaifullah_084 131 087.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemberian Humor, Konsentrasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada proses pendidikan terdapat kegiatan pembelajaran. Pada proses belajar sudah tentu harus ada peningkatan antara pendidik dan peserta didik. Aktifitas pendidik pada proses pembelajaran dapat memberikan sebuah strategi pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menarik seperti halnya humor atau guyonan dan berkonsentrasi pada proses pembelajaran. Dengan tujuan pendidik dan peserta didik ingin mendapatkan hasil belajar yang di inginkan. Rumusan masalah penelitian adalah : 1) Apakah ada pengaruh pemberian humor dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. 2) Apakah ada pengaruh konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?3) Apakah ada pengaruh pemberian humor dalam pembelajaran dan konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian sebagai berikut: a) Menganalisa pengaruh pemberian humor dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. b) Menganalisa pengaruh konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. c) Menganalisa pengaruh pemberian humor dalam pembelajaran dan konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif expose facto. Teknik Pengumpulan Data adalah: 1) Observasi 2) Dokumentasi 3)Wawancara 4) Kuesioner. Analisis data adalah: 1) Uji Normalitas, 2) Uji Linieritas 3)Uji Regresi Linier Sederhana, 4)Uji Regresi Linier Berganda 5)Uji Koefisien determinasi. Hasil penelitiannya adalah : 1)Ada pengaruh pemberian humor dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Arah korelasi antar keduanya berarah positif. Kontribusi hubungan dari pemberian humor dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 58,8%. 2) Ada pengaruh konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik. Arah korelasi antar keduanya berarah positif. Kontribusi hubungan dari konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar siswa sebesar 4,7%. 3) Ada pengaruh pemberian humor dalam pembelajaran dan konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik. Arah korelasi antar keduanya berarah positif. Kontribusi hubungan dari pemberian humor dalam pembelajaran dan konsentrasi belajar fiqh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 59,1% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:17
Last Modified: 30 Mar 2023 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item View Item