Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa Di SMP Negeri 6 Jember

Ningsih, Sila Lestari (2017) Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa Di SMP Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sila Lestari Ningsih_084 131 039.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan pendidikan menurut islam untuk mengarahkan dan membimbing pertumbuhan dan perkembangan fitrah manusia melalui ajaran islam terutama terhadap anak. Melalui kegiatan keagamaan bertujuan menambah keimanan serta ketakwaan siswa terhadap Allah SWT, mengurangi perilaku menyimpang yang dilakukan siswa serta meningkatkan sikap religius siswa. Salah satu lembaga pendidikan sekolah menengah pertama yang peduli terhadap sikap religius siswanya adalah SMP Negeri 6 Jember melalui pelaksanaan kegiatan keagamaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitiannya adalah: 1) Apa bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember? 3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Mendiskripsikan bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember.2) Mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember.3) Mendiskripsikan hasil dari pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan Jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember dibagi empat yaitu Pembisaan membaca yasin, sholat dzuhur berjamaah, istighosah, dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). 2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember berupa pembiasaan membaca yasin, dilaksanakan setiap hari jum’at pada jam pertama diikuti seluruh siswa di kelas masing-masing. Sholat dzuhur berjamaah, dilaksanakan setiap hari senin-kamis di musholla diikuti siswa sekelas setiap harinya disesuaikan dengan jadwal. Istighosah, dilaksanakan setiap hari jum’at di musholla dari jam 06.30-jam pertama berakhir di semester genap. Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), dilaksanakan setiap hari sabtu di musholla pada jam terakhir yang digunakan khusus pengembangan diri. 3) Hasil dari pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMP Negeri 6 Jember dibagi empat yaitu Pembiasaan membaca yasin dapat meningkatkan sikap kedisiplinan dan kejujuran. Sholat dzuhur berjamaah dapat meningkatkan sikap kedisiplinan. Istighosah dapat meningkatkan sikap rendah hati, dan kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dapat meningkatkan sikap bermanfaat bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:42
Last Modified: 30 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item View Item