Pelaksanaan Pembelajaran Menterjemah Al-Qur’an melalui Metode An-Nashr di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Fitri, Yulia Selina (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Menterjemah Al-Qur’an melalui Metode An-Nashr di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulia Selina Fitri_084 141 127.pdf

Download (9MB)

Abstract

Salah satu pembelajaran yang sangat penting dalam Islam yaitu pembelajaran mengenai kitab suci umat Islam, yakni al-Qur’an. Hal ini dikarenakan salah satu rukun Iman adalah beriman kepada Kitab-kitab Allah. Salah satu cara mengimani al-Qur’an yaitu dengan mempelajari serta mengamalkannya, baik mempelajari cara membacanya maupun memahami arti serta maksud dari ayat-ayatnya. Untuk memahami al-Qur’an, seseorang perlu mengetahui terjemah al-Qur’an. Pada umumnya seseorang harus memahami ilmu nahwu sharaf terlebih dahulu agar bisa menterjemahkan al-Qur’an, namun saat ini terdapat metode pembelajaran menterjemah al-Qur’an tanpa menggunakan ilmu nahwu sharaf, yaitu metode AnNashr. Menterjemah al-Qur’an menggunakan metode An-Nashr membuat siswa bisa menterjemahkan mufradat al-Qur’an secara cepat dan tepat tanpa terlihat seperti mengahafal, serta adapat menterjemahkan bacaan mufradat orang lain secara cepat dan tepat pula tanpa terlihat mengahafal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Apa saja faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Apa saja faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018, (3) untuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis motode penelitian naturalistik. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive disertai sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles anda Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : (1) Pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x pola 4321 dengan sistem klasikal atau membaca secara bersama-sama. Pola 4321 yakni dengan cara mufradat pertama beserta artinya dibaca oleh guru sekali, kemudian siswa menirukan sebanyak 4 kali, pada mufradat kedua juga demikian yakni guru membacakan mufradat beserta artinya sekali kemudian siswa mengulangnya sebanayak 4 kali, hal ini dilakukan sampai akhir mufradat. Setelah sampai pada mufaradat akhir, kembali lagi membaca mufradat awal sampai akhir beserta artinya sebanyak 3 kali, 2 kali dan 1 kali. Satu kali tatap muka dilaksanakan selama 30 menit yang terbagi menjadi tiga, yakni 10 menit untuk pengulangan mufradat yang lalu beserta artinya, 10 menit untuk penambahan mufradat baru beserta artinya dan disertai dengan penjelasan ayat, 10 menit terakhir untuk evaluasi harian. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018 ada dua faktor, antara lain faktor internal yakni motivasi siswa untuk belajar metode An-Nashr dan faktor eksternal yakni dukungan dari sekolah, sarana buku dan pengeras suara yakni microfon beserta sound. (3) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran menterjemah al-Qur’an melalui metode An-Nashr di SMP Islam Dampit Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018 ada dua, antara lain faktor internal yakni kondisi jasmani siswa yang kelelahan dan faktor eksternal yakni keterbatasan waktu pelaksanaan, keterbatasan ruangan, suhu udara yang panas serta bau tidak sedap yang berasal dari kaos kaki siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:16
Last Modified: 30 Mar 2023 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item View Item