Pelaksanaann Metode Iqra’ dan Tajdied di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nailul Maram Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Abiyu, Alifan (2017) Pelaksanaann Metode Iqra’ dan Tajdied di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nailul Maram Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alifan Abiyu_084 131 061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA) menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca al-Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar dinul Islam pada usia taman kanak-kanak yang setara dengan dimana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca al-Qur’an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki kesiapan pendidikan lanjut. Untuk mempermudah proses penelitian ini, maka penelitia nmembuat beberapa fokus penelitian diantaranya: 1) Bagaimana pelaksanaan metode iqra’ di Taman Pendidikan al-Qur’an Nailul Maram tahun pelajaran 2016/2017 ? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Tajdied di Taman Pendidikan al-Qur’an Nailul Maram tahun pelajaran 2016/2017? 3) Apa kelebihan dan kelemahan dalam menerapkan Metode Iqra’ dan Tajdied di Taman Pendidikan al-Qur’an Nailul Maram tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode iqra’ di Taman Pendidikan al-Qur’an Nailul Maram tahunpelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Tajdied di Taman Pendidikan al-Qur’an Nailul Maram tahun pelajaran 2016/2017.3) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan dalam menerapkan metode Iqra’ dan Tajdied di Taman Pendidikan al-Qur’an Nailul Maram tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triagula siteknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Penerapan metode Iqra’ di Taman pendidikan al-Qur’an Nailul Maram Kaliwates tahun pelajaran 2016/2017 dapat dikatakan berjalan secara efektif dan efisien, terbukti metode Iqra’ masih sangat digemari untuk diterapkan pada santri 2) Penerapan metode Tajdied di Taman pendidikan al-Qur’an Nailul Maram kaliwates tahun 2016/2017 merupakan metode yang menyenangkan bagi santri serta santri dapat memotivasi santri yang lain dalam belajar. 3) Setiap metode mempunyai kelebihan kelemahan temasuk dalam metode pembelajaran membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:42
Last Modified: 30 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item