Minat Santri Untuk Melanjutkan Belajar Ke Madrasah Diniyah Assunniyyah Di Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun2017/2018

Hikmah, Ana Mir'atul (2017) Minat Santri Untuk Melanjutkan Belajar Ke Madrasah Diniyah Assunniyyah Di Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Mir’atul Hikmah_ 084 131 407.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Diniyah Assunniyyah Glundengan merupakan salah satu lembaga non formal yang memiliki masalah yakni minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Diniyah Assunniyyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh semakin menurunnya minat belajar diniyah, Keengganan anak dalam melanjutkan belajar diniyah karena beberapa faktor yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. padahal minat adalah suatu landasan yang paling menyakinkan demi keberhasilan suatu proses belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Assunniyyah dari segi intrinsik di desa Glundengan kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun 2017/2018? (2) Bagaimanakah minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Assunniyyah dari segi ekstrinsik di desa Glundengan kecamatan Wuluhan kabupaten Jember tahun 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Assunniyyah dari segi intrinsik di desa Glundengan kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun 2017/2018(2) Untuk mendiskripsikan minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Assunniyyah dari segi ekstrinsik di desa Glundengan kecamatan Wuluhan kabupaten Jembertahun 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Assunniyyah dari segi intrinsik di desa Glundengan kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun 2017/2018 yaitu kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya ilmu agama mereka belum menyadari pentingnya ilmu agama, belum terbiasanya peserta didik memasuki kebiasaan baru memasuki sekolah menengah pertama, kurangnya motivasi karena dukungan dan dorongan dari orang tua dan dari lingkungan sekitar, kurangnya kemauan yang kuat untuk sekolah diniyah. (2)minat santri untuk melanjutkan belajar ke Madrasah Assunniyyah dari segi ekstrinsik di desa Glundengan kecamatan Wuluhan kabupaten Jembertahun 2017/2018 yaitu kurangnya dukungan dari orang tua, mayoritas masyarakat disekitar Madrasah Diniyah Assunniyyah lebih mementingkan sekolah formal dari pada sekolah non formal, peran guru yang juga sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, kendala disini adalah kurangnya pendidik untuk mengajar diniyah, pengaruh dari teman sebaya, dan kurangnya sarana dan prasarana di Madrasah Diniyah Assunniyyah yang menyebabkan peserta didik kurang minat belajar diniyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:42
Last Modified: 30 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item