Muttaqin, Awalul (2015) PENGEMBANGAN MUTU DAKWAH ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN AMBULU JEMBER TAHUN 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Awalul Muttaqin_ 082 101 019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dakwah Islam merupakan sarana potensial yang dapat membentuk dan mewarnai pola fikir dan prilaku seseorang dalam kehidupannya, karena itu pengembangan mutu dakwah Islam menjadi kebutuhan yang mendesak dan tidak dapat ditunda-tunda. Pondok Pesantren Al-Amin Ambulu Jember merupakan salah satu lembaga dakwah yang saat ini berupaya mengembangkan mutu dakwah melalui pengembangan kaderisasai da’i, peningkatan kurikulum dakwah, dan pengembangan sarana prasarana dakwah Penelitian ini secara umum difokuskan untuk mengkaji tentang bagaimana pengembangan mutu dakwah Islam di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2014 ?, dan secara khusus (1) Bagaimana pengembangan SDM da’i di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2014? (2) Bagaimana pengembangan kurikulum dakwah di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2012 ? (3) Bagaimana pengembangan sarana prasarana dakwah di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2014 ? Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan mutu dakwah Islam di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2014, dan secara khusus : (1) Mendeskripsikan pengembangan SDM da’i di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2014. (2) Mendeskripsikan pengembangan kurikulum dakwah di pondok pesantren AlAmin Ambulu Jember tahun 2014. (3) Mendeskripsikan pengembangan sarana prasarana dakwah di pondok pesantren Al-Amin Ambulu Jember tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, yakni jenis penelitian yang berupaya melakukan eksplorasi terhadap suatu latar atau satu peristiwa tertentu, atau satu subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen dengan cara menginvestigasi secara eksploratif, deskriptif dan utuh fenomena sementara dalam konteks kehidupan nyata. Karena itu data yang diperlukan dikumpulkan melalui : Participan observation, in-dept interview dan studi dokumenter, sementara analisis datanya menggunakan analisis kualitatif deskriptif model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, baik kesimpulan sementara, lalu diverifikasi maupun kesimpulan akhir Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan SDM da’i di Pesantren Al-Amin tahun 2014 dilakukan dengan dua cara, yakni pembinaan internal lewat majelis dakwah santri dan pembinaan ekternal dengan cara mengikut sertakan santri ke berbagai even lomba khitobah. (2) Pengembangan Kurikulum dakwah di Pesantren Al-Amin tahun 2014 adalah dilakukan dengan mengacu pada prinsip dasar yang meliputi prinsip relevansi, fleksebelitas, kontinoitas, praktisitas, efektifitas dan efisiensi (3) Pengembangan sarana prasarana dakwah di Pesantren Al-Amin tahun 2014 dengan memaksimalkan anggaran pengembangan tahunan, terkait pengembangan Sarana dan Prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:42 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21383 |
Actions (login required)
View Item |