Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Gudang Karang Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017.

Salam, Badrus (2017) Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Gudang Karang Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badrus Salam_084 131 156.pdf

Download (35MB)

Abstract

Keberadaan Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan keagamaan merupakan suatu realitas yang tidak dapat dipungkiri oleh siapa saja. Sepanjang sejarah yang dilaluinya, Pondok Pesantren terus menekuni bidang pendidikan dan menjadikannya sebagai sentral kegiatan sosial. Kyai merupakan elemen paling penting dan esensial dari sebuah pesantren biasanya ia merupakan pendiri. Sudah sewajarnya bahwa pertumbuhan suatu pesantren bergantung kepada kemampuan Kyainya. kyai, sosok dipesantren dikenal dengan penguasa tunggal. Semua santri dan anak didiknya senantiasa hormat, patuh dan taat terhadap segala kebijakan dan aturan yang diprogamkan oleh Kyai. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah belajar di pondok pesantren Al-Ikhlash Gudang Karang Kecamatan Rambipuji Jember ?. 2) Bagaimana Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah kedisiplinan santri di pondok pesantren AlIkhlash Gudang Karang Kecamatan Rambipuji Jember ?. 3) Bagaimana Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah penyesuaian diri santri di pondok pesantren AlIkhlash Gudang Karang Kecamatan Rambipuji Jember ? Untuk menjawab persaolan tersebut, metode dan prosedur penelitian yang penulis lakukan ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan secara objektif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Ikhlash desa Gudang Karang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subyek penelitian terdiri dari pengasuh pondok pesantren Al-Ikhlash, para ustadz dan jajaran pengurus pondok pesantren Al-Ikhlash. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, keabsahan datanya menggunakan tri angulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah belajar santri yaitu dengan cara menganjurkan santri gemar untuk membaca dan gemar menghafalkan pelajaran, juga memberikan dan menanamkan nilai-nilai kesederhanaan baik dari segi ucapan, perbuatan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan Akhlak Rasulullah saw. Kedua, Upaya KH. Anshori dalam menangani masalah kedisiplinan santri yaitu menerapkan jadwal atau KBM (kegiatan belajar mengajar) pesantren dan harus di ta’ati dan dipatuhi, dengan membiasakan itu maka kedisiplinan itu akan tumbuh pada prilaku santri. Ketiga, Upaya KH. Anshori dalam proses penyesuaian diri pada santri yaitu dengan membekali santri dengan kegiatan-kegiatan untuk penyesuaian diri santri di pondok pesantren Al-Ikhlash Gudang Karang Rambipuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:26
Last Modified: 31 Mar 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item