Efektifitas Pelaksanaan Khutbah Jum’at Berbahasa Arab dalam Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Islam Di Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2016

Baihaki, Ahmad Qoyum (2017) Efektifitas Pelaksanaan Khutbah Jum’at Berbahasa Arab dalam Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Islam Di Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Qoyum Baihaki_084 121 210.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khutbah jum’at adalah kegiatan pendidikan keagamaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Tujuan dari dilaksanakaannya khutbah jum’at yaitu untuk memberikan pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Quran dan hadist yang disabdakan Rasul tentang pentingnya memahami dan menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam penyampaian khutbah jumat seharusnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat sekitar. Di beberapa masjid yang terdapat di desa Andongrejo khutbah jumat dalam penyampaiannya menggunakan bahasa Arab, namun masyarakat berasal dari etnis Madura dan Jawa, tidak sepenuhnya masyarakat memahami bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di desa Andongrejo Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini secara umum yaitu seberapa efektif pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman nilai - nilai pendidikan islam di Desa Andongrejo Tahun 2016?. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua sub masalah, yaitu: a. Seberapa efektif pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman akhlak kepada Allah di Desa Andongrejo Tahun 2016 ? b. Seberapa efektif pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman akhlak kepada manusia di Desa Andongrejo Tahun 2016 ? Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman nilai - nilai pendidikan islam di desa andongrejo Tahun 2016. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua, yaitu a. Untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman akhlak kepada Allah di Desa Andongrejo Tahun 2016. b. Untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan khutbah jumat berbahasa arab dalam penanaman akhlak kepada manusia di Desa Andongrejo Tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis product moment. ( ) ( )( ) √ ( ) ( ) ( ) ( ) Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu pelaksanaan khutbah jumat berbahasa Arab dalam penanaman akhlak kepada Allah di desa Andongrejo tahun 2016 tidak efektif. pelaksanaan khutbah jumat berbahasa Arab dalam penanaman akhlak kepada Manusia di desa Andongrejo tahun 2016 tidak efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:26
Last Modified: 31 Mar 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21390

Actions (login required)

View Item View Item