Implementasi Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Hermanto, Ampuh (2017) Implementasi Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMPUH HERMANTO_084 124 003.pdf

Download (26MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan aktivitas guru untuk menjelaskan materi pelajaran dari bagian-bagian yang satu dengan bagian lainnya berorientasi pada pengalaman-pengalaman yang dimiliki siswa dalam mempelajari konsep, prinsip atau teori yang baru tentang suatu bidang ilmu. Sesuai dengan filsafat yang mendasarinya bahwa pengetahuan terbentuk karena peran aktif subjek, maka dipandang dari sudut psikologis, Contextual Teaching and Learning berpijak pada aliran psikologis kognitif. Menurut aliran ini proses belajar bukanlah peristiwa mekanis seperti keterkaitan stimulus dan respons. Belajar tidak sesederhana itu. Belajar melibatkan proses mental yang tidak tampak seperti emosi, minat, motivasi dan kemampuan atau pengalaman Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, (2) implementasi metode masyarakat belajar, pemodelan dan penilaian sebenarnya (Authentic Assesment) pada Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? dan (3) Bagaimana evaluasi metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode masyarakat belajar, pemodelan dan penilaian sebenarnya (Authentic Assesment) pada Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 dengan cara guru digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id mempersiapkan materi yang akan dilaksanakan, mempersiapkan siswa serta mempersiapkan sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran (2) Implementasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur tahun pelajaran 2016/2017, guru Aqidah Akhlak dengan memberikan model untuk ditiru, baik model dari guru maupun dari teman-temannya sendiri dan (3) Evaluasi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:26
Last Modified: 31 Mar 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item