Implementasi Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember

Fauzi, Anang (2017) Implementasi Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANANG FAUZI_084131224.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anak atau peserta didik menerima norma-norma yang berlaku di sekolah melalui pembelajaran yang di bimbing oleh guru. Salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan materi akidah, syariah dan akhlak, etika dan moral. Dengan menggunakan metode yang aktif digunakan adalah metode tanya jawab antara guru dan siswa. Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan metode tanya jawab dinilai lebih efektif, karena disamping siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran juga lebih kreatif untuk mengkritisi materi yang diajarkan. Hal ini dilakukan oleh guru karena pentingnya pengetahuan tentang ilmu dan teknologi di era global juga tidak mengesampingkan pengetahuan siswa terhadap ilmu agama yang akhirnya akan mengantarkan kepada keseimbangan antara kebutuhan duniawi dan ukhrawi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode tanya jawab pada aspek akidah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Al-Qodiri Jember? (2) Bagaimana implementasi metode tanya jawab pada aspek syariah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Al-Qodiri Jember? (3) Bagaimana implementasi metode tanya jawab pada aspek akhlak, etika dan moral mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Al-Qodiri Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra penelitian lapangan, tahap penelitian lapangan, dan tahap akhir penelitian lapangan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwasanya implementasi metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada aspek akidah, syariah dan akhlak, etika, dan moral sudah dilakukan oleh guru. Metode tanya jawab disampaikan setiap pembelajaran berlangsung, baik di awal, tengah berlangsung, dan akhir pembelajaran. Karena metode Tanya jawab tersebut di potret lebih efektif, di sisi lain para guru juga tidak hanya menyampaikan metode tanya jawab saat pembelajaran berlangsung saja, di luar pembelajaran para guru juga menyempatkan diri dengan menanyakan kepada siswa. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan langsung terhadap materi yang diajarkan oleh guru dan untuk mengontrol pemahaman dan prilaku siswa selama berada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:26
Last Modified: 31 Mar 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item