Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017

Ashari, Fadil (2017) Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fadil Ashari_084 121 133.pdf

Download (13MB)

Abstract

Modernisasi dan globalisasi yang hadir ditengah kehidupan masyarakat saat ini, begitu banyak membawa angin segar dan warna baru mulai dari dimensi sosial ekonomi, sosial politik, sosial budaya dan sosial agama. Adapun warna baru yang dimaksud ada yang posistif dan ada pula yang negatif. Dampak yang positif ini dapat dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini sudah merambah kelapisan masyarakat, seperti komputer, televisi, DVD, HP, laptop, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan dampak negatifnya dapat dilihat antara lain seperti pergeseran nilai budaya dan agama, kekerasan, kejahatan, kriminalitas, ketidakadilan, pelanggaran hak asasi manusia, kerusuhan dan lain sebagainya,. Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak yang ditemukan tingkah laku masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma ajaran Islam. Keadaan ini yang menjadikan masyarakat membutuhkan pembinaan keagamaan Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Aqidah Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017? 2) Bagaimana Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Ibadah Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017? 3) Bagaimana Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Aqidah Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Untuk Mendeskripsikan Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Ibadah Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Untuk Mendeskripsikan Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat di Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display /peyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam pembinaan aqidah yaitu pembinaan ibadah, bimbingan al-Qur’an, istighotsah/shalawatan dan ceramah agama,.2) Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam pembinaan ibadah yaitu bimbingan sholat, sholat berjamaah,ceramah agama, istigosah, dan tahlilan.3) Peranan Masjid AR-Raudhoh dalam pembinaan ahklak yaitu melalui bimbingan Al-Qur’an dan kajian kitab Taklimul Muta’allim dan kitab Bidayatul Hidayah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:26
Last Modified: 31 Mar 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21394

Actions (login required)

View Item View Item