Implementasi Bimbingan dan Konseling DalamMeningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Nuris Jember Tahun Ajaran 2016/2017

Hasanah, Armita Uswatun (2017) Implementasi Bimbingan dan Konseling DalamMeningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Nuris Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Armita Uswatun Hasanah_084 128 024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan pelayanan bimbingan dan konseling yang lazim disingkat BK dalamkonteks pendidikan nasional, telah memiliki legalitas yang kuat dan menjadi bagian yang terpadu. Eksistensi konselor dalam Sistem Pendidikan Nasional secara eksplisit diakui di dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada Bab 1 pasal 1 ayat 4 dinyatakan bahwa “pendidik adalah tenaga pendidik yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswasta, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan”. Keefektifan konseling sebagian besar ditentukan oleh kualitas hubungan antara konselor dengan kliennya. Dilihat dari segi kualitas hubungan tersebut, keefektifan konselor bergatung pada kemampuannya dalam menerapkan teknik-teknik konseling dan kualitas pribadinya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana implementasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Konselor di SMA Nuris Jember berupaya untuk selalu meningkatkan kedisiplinan siswa menggunakan teknik bertanya dan teknik merencanakan. Kedua teknik ini ditanggapi dengan sangat baik oleh para siswa, serta memberikan efek positif terhadap kedisiplinan belajar siswa.. Selain itu, ada beberapa hal yang dilakukan oleh Konselor di SMA Nuris Jember dalam upaya meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa. Pertama dengan penggunaan metode ceramah yang bertujuan menyadarkan siswa dan lebih memudahkan bagi Konselor di SMANuris Jember dalam hal menyampaikan motivasi dan arahan kepada siswa. Selain itu, strategi lain yang digunakan adalah pemberian contoh/tauladan serta pengawasan. Apabila strategi yang pertama lebih memperlihatkan interaksi antara Konselor dengan para peserta didik, strategi ini lebih pada interaksi antara Konselor dengan jajaran dewan guru di SMA Nuris Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:26
Last Modified: 31 Mar 2023 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21395

Actions (login required)

View Item View Item