Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Bimbingan Membaca Kitab di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Sabrang Ambulu.

Agustin, Faiqotul (2017) Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Bimbingan Membaca Kitab di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Sabrang Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqotul Agustin_084131146.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan salah satu cara untuk tujuan sekolah tercapai di dalam peserta didik melalui kurikulum yang telah diterapkan dalam pembelajaran. Di MTs Al-Amien ini merupakan madrasah yang muatan lokalnya bimbingan membaca kitab yang dilaksanakan setiap seminggu sekali dalam dua jam. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1).Apa tujuan pengembangan kurikulum muatan lokal bimbingan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu? 2).Bagaimana pengembangan materi kurikulum muatan lokal bimbigan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu? 3).Bagaimana strategi pengembangan kurikulum muatan lokal bimbigan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu? 4). Evaluasi pengembangan kurikulum muatan lokal bimbigan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu? Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mendeskripsikan tujuan pengembangan kurikulum muatan lokal bimbingan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu 2). Untuk mendeskripsikan pengembangan materi kurikulum muatan lokal bimbigan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu 3). Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kurikulum muatan lokal bimbigan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu 4). Untuk mendeskripsikan evaluasi pengembangan kurikulum muatan lokal bimbigan membaca kitab di MTs Al Amien Sabrang Ambulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu:1) Tujuan diadaknya muatan lokal bimbingan membaca kitab; a. Menyamaratan peserta didik yang berasal dari kalangan yang berbeda mampu mempelajari dunia pesantren. b. Siswa mampu menguasai dalam bidang membaca kitab c. Sebagai bekal dalam kehidupan masyarakat. 2) Materi yang diajarkan adalah menulis, memaknai kitab, menarkib kitab. 3) Strategi yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, dan latihan. 4). Evaluasi yang digunakan yaitu ulangan harian, UTS, dan UAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21397

Actions (login required)

View Item View Item