Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Output SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember tahun 2015/2016.

Utami, Cici (2016) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Output SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember tahun 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CICI UTAMI_084 113 093.pdf

Download (4MB)

Abstract

Upaya meningkatkan mutu output pendidikan tidak terlepas dari peran kepala sekolah. Fakta dari kepemimpinan tersebut membawa pada alur urgensitas kepemimpinan seseorang dalam mengelola segala bentuk potensi yang ada dalam organisasi, bahkan bisa dikongklusikan bahwa kepemimpinan organisasi merupakan spirit untuk memutar roda pemberdayaan organisasi, artinya peran sentral dalam organisasi tidak pernah lepas dari kinerja seorang pemimpin untuk menggerakkan potensi-potensi dalam organisasi tersebut. Pola kepemimpinan akan berakhir pada tatanan manajemen yang baik dalam organisasi yang akan ditandai dengan adanya pola pikir yang teratur (administrative thinking), adanya pelaksanaan kegiatan yang teratur (administrativ behavior) dan adanya penyikapan terhadap tugas-tugas kegiatan dengan baik (administrativ attitude) Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output siswa SMA Negeri Ambulu tahun 2015/2016? dan (2) Bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output siswa SMA Negeri Ambulu tahun 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output siswa SMA Negeri Ambulu tahun 2015/2016 dan (2) Untuk mendeskripsikan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output siswa SMA Negeri Ambulu tahun 2015/2016. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output di SMA Negeri Ambulu dengan menggunakan tipe kepemimpinan kepemimpinan kontinuum “otokratik-demokratis”, yaitu tipe kepemimpinan yang menggabungkan antara tipe otokratik dan demokratik, dan (2) Kebijakan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output di SMA Negeri Ambulu adalah selalu membuat perencanaan terhadap langkah-langkah yang akan dilakukan, khususnya untuk meningkatkan output pendidikan, selalu mengembangkan dan memberdayakan kemampuan yang dimiliki oleh pegawainya serta melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran guna mempermudah siswa untuk mengikuti pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item