Penerapan Metode Menghafal Dalam Pembelajaran Kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegasl Besar Kaliwates Jember Tahun 2017.

Hidayat, Fajar (2017) Penerapan Metode Menghafal Dalam Pembelajaran Kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegasl Besar Kaliwates Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fajar Hidayat_084 131 394.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pesantren adalah salah satu lembaga yang sampai saat ini masih dikenal dengan pembelajaran kitab kuning. Namun, tidak semua pesantren bisa menerapkan dengan baik metode-metode yang ada dalam pembelajaran kitab kuning. Metode dalam pembelajaran kitab kuning pada pesantren umumnya yaitu metode bandongan, sorogan, wetonan, musyawarah dan menghafal yang mana metode menghafal yaitu metode yang efektif dilakukan dalam pembelajaan kitab kuning seperti halnya yang didawuhkan oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Bidayah KH. Abdul Haris, yang mana dalam menghafal yaitu ada 3 tahapan yang pasti akan dilalui oleh peserta didik dalam mempelajari kitab kuning yaitu: 1) الحفظ) menghafal), 2) الفهم) paham), dan 3) .(penerapan (التطبيق Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode menghafal dalam pembelajaran kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2017? (2) Bagaimana problematika menghafal santri dalam pembelajaran kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode menghafal dalam pembelajaran kitab Fathul Mu’in di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2017. (2) Untuk mendeskripsikan problematika menghafal santri dalam pembelajaran kitab Fathul Mu’in di Pondook Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2017. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik trianggulasi sumber dan trianggualasi teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode menghafal dalam kitab Fathul Mu’in dilaksanakan setiap hari Sabtu jam 13.00 sampai 14.30, pembelajarannya dilakukan menggunakan metode menghafal. Awalnya santri disuruh mendengarkan dan pertemuan berikutnya disuruh menghafalkan sebelum pembelajarannya selesai. Cara menghafalkannya pertama itu ustad menunjuk salah satu santri disuruh maju, setelah itu santri yang sudah selesai maju langsung menunjuk temannya untuk bergiliran maju, begitu seterusnya. Jadi santri yng tidak belajar itu pasti ketahuan, ketahuannya dari saat membacanya apa kurang lancar atau bagaimana, kalau kurang lacar biasanya mendapatkan hukuman tersendiri. (2) Untuk problematika yang sering muncul dalam metode menghafal yaitu ada yang berkaitan manajemen waktu, dan pemahaman. Adapun hal yang berkaitan dengan manajemen waktu yaitu terlalu banyaknya kegiatan dalam keseharaian, terlalu banyak guyonan dan bermain HP. Selanjutnya problem yang terjadi pada pemahaman yaitu kurangnya konsentrasi santri dalam mengikuti pembelajaran dan santri kurang semangat untuk belajar lebih jauh lagi, kebanyakan santri hanya mengikuti apa yang didapat dari guru, tidak membuka syarahnya untuk memudahkan memahami materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item View Item