Pemanfaatan Bahan Ajar Hand Out dalam Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dasar Negeri Tempurejo 03 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Nurfaidah, Debbiy (2017) Pemanfaatan Bahan Ajar Hand Out dalam Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dasar Negeri Tempurejo 03 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Debbiy Nurfaidah_084 121 012.pdf

Download (15MB)

Abstract

Hand out adalah bahan pembelajaran yang sangat ringkas. Bahan ajar ini bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada peserta didik. Bahan ajar ini diberikan kepada peserta didik guna memudahkan mereka saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar ini tentunya bukanlah suatu bahan ajar yang mahal, melainkan ekonomis dan praktis. Adapun fokus penelitian: (1) Bagaimana proses pembuatan bahan ajar hand out dalam materi PAI di SDN Tempurejo 03 Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana pemanfaatan bahan ajar hand out dalam materi PAI di SDN Tempurejo 03 Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Sedangkan tujuan dari penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembuatan bahan ajar hand out dalam materi PAI di SDN Tempurejo 03 Jember tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar hand out dalam materi PAI di SDN Tempurejo 03 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) pendidik mempunyai inspirasi untuk membuat bahan ajar sendiri yaitu hand out yang proses pembuatannya melalui beberapa tahap, yaitu: menganalisa materi, mengumpulkan referensi membuat judul, menyusun materi dan mengoreksi kembali dengan membaca ulang hand out yang sudah jadi. (2) Pemanfaatan hand out dalam proses pembelajaran disuatu kelas dapat dilakukan pada sistem pembelajaran klasikal maupun individual. Karena dalam pembelajaran klasikal pendidik menjadi informasi dan dalam pembelajaran individual hand out menjadi sumber belajar utama dalam proses pembelajaran dan menggunakan jenis hand out nonpraktik. Dan hand out dibagikan ke setiap peserta didik secara gratis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item