Korelasi Antara Stratifikasi Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Astutik, Dwi Puji (2017) Korelasi Antara Stratifikasi Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI PUJI ASTUTIK_084 131 481.pdf

Download (14MB)

Abstract

Stratifikasi sosial orang tua adalah keadaan yang menggambarkan perbedaaan kedudukan orang tua dari aspek kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan di dalam masyarakat secara hirarkis. Stratifikasi social memiliki peranan dalam pendidikan anak, dimana orang tua lapisan atas akan memberikan kecukupan sarana dan prasarana dalam pendidikan anaknya. Inilah salah satu hal yang memicu anak semakin termotivasi dalam belajarnya. Tetapi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Jember ada beberapa orang tua yang berstrata rendah, namun juga memiliki motivasi yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran Stratifikasi Sosial Orang Tua Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (2) Bagaimanakah gambaran Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidiikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (3) Adakah korelasi antara Stratifikasi Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran Stratifikasi Sosial Orang Tua Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (2) Untuk mengetahui gambaran Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidiikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. (3) Untuk mengetahui korelasi antara Stratifikasi Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 269 siswa dan responden sebanyak 161 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified proportionate random sampling. Pengumpulan data pada penelititan ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis analisis deskriptif dengan mencari prosentase masingmasing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan contingency coefficient (C) yang sebelumnya dianalisis dengan rumus chi kuadrat. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Stratifikasi sosial orang tua pada kategori tinggi 22 siswa dengan prosentase 14%, kategori sedang 110 siswa dengan prosentase 68%, dan kategori rendah 29 siswa dengan prosentase 18%. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kategori tinggi 27 siswa dengan prosentase 17%, kategori sedang 118 siswa dengan prosentase 73% dan pada kategori rendah16 siswa dengan prosentase 10%. (3) Tidak ada korelasi antara stratifikasi sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item