Peran Orang Tua dalam Menanamkan Pendidikan Islam Anak Perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Zahro, Fatimatus (2017) Peran Orang Tua dalam Menanamkan Pendidikan Islam Anak Perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatus Zahro_084131153.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Islam bagi anak perempuan sangat perlu ditanamkan mulai sejak dini, sebagai orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan pendidikan Islam tersebut, sebab seorang perempuan kelak akan menjadi seorang ibu, ibu merupakan madrasah pertama bagi seorang anak yang akan mengajarkan sebuah ilmu, serta menjadi figure bagi seorang anak. Masyarakat Gandol sangat antusias dalam proses pendidikan Islam Bagi anak-anaknya, apalagi anak perempuannya. Disisi ekonomi yang merupakan kategori menengah kebawah orang tua tidak pernah putus asa agar anak-anaknya tetap memperoleh pendidikan Islam. pendidikan Islam tersebut ditanamkan mulai sejak kecil dan dilanjutkan dengan mengajikan di mushalla kemudian memondokkan di pesantren. Hal tersebut dilakukan agar anak perempuannya tidak buta pengetahuan agama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua dalam menanamkan pendidikan fiqih anak perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember?, Bagaimana peran orang tua dalam menanamkan pendidikan akhlak anak perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan pendidikan fiqih anak perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember, 2) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan pendidikan akhlak anak perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Adapun metode penelitian dalam penelitian ini Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field Research (penelitian lapangan) Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data :Observasi, Interview, Dokumentasi, Teknik analisis Reduksi data, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran orang tua dalam menanamkan pendidikan fiqih anak perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember adalah sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai motivator dan sebagai teladan. 2) Peran orang tua dalam menanamkan pendidikan Akhlak anak perempuan di Padukuhan Gandol Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember juga sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai motivator dan sebagai teladan. Namun letak perbedaan dari keduanya adalah dari konteks fiqih dan akhlak. Dalam pendidikan fiqih orang tua lebih condong pada peran sebagai pendidik dan pembimbing karena, fiqih berkaitan dengan norma-norma, jadi orang tua harus benar-benar bisa memberikan didikan dan bimbingan yang benar. Sedangkan dalam pendidikan akhlak peran orang tua lebih condong pada peran sebagai panutan (teladan), karena orang tua adalah figur yang akan ditiru tingkah lakunya oleh seorang anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item