Peran Kiai Dalam Menanamkan Akhlak Santri Melalui Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember

Sholikhah, Fikriatus (2017) Peran Kiai Dalam Menanamkan Akhlak Santri Melalui Pendidikan Non Formal Di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fikriatus Sholikhah_084 121 400.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan dan penanaman akhlak di pesantren merupakan hal yang penting bagi Kiai, terutama hal-hal yang berhubungan dengan akhlak kepada Allah, kedua orang tua, guru dan teman. Hal ini dilakukan agar santri setelah menerima pengetahuan, mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Allah SWT pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember? (2) Bagaimana peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Orang Tua pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember?. (3) Bagaimana peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Guru pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember? (4) Bagaimana peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Teman pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Allah pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember. (2) Mendeskripsikan peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Orang Tua pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember. (3) Mendeskripsikan peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Guru pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember. (4) Mendiskripsikan peran kiai dalam menanamkan akhlak kepada Teman pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus, sedangkan dalam menentukan subjeknya, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah Trianggulasi Teknik dan Trianggulasi Sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran Kiai dalam menanamkan akhlak kepada allah pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember melalui: membiasakan santri sholat tepat waktu, berdzikir bersama. (2) Peran Kiai dalam menanamkan akhlak kepada orang tua pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember melalui: berbakti, dan menyayangi kedua orang tua. (3)Peran Kiai dalam menanamkan akhlak kepada guru pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember melalui: berbicara dengan sopan dan santun, mendengarkan nasehat guru. (4) Peran Kiai Dalam menanamkan akhlak kepada teman pada santri di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Tempurejo Jember melalui: saling menyayangi, hidup rukun saling tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21404

Actions (login required)

View Item View Item