Upaya Deradikalisasi Pendidikan di Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paion Probolinggo

Nurhotimah, Ilfa (2017) Upaya Deradikalisasi Pendidikan di Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paion Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilfa Nurhotimah_084131465.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendididikan sangat penting dalam kehidupan manusia, bagi orang tua bahkan lebih khusus bagi anak-anak generasi penerus bangsa. Michael Rutz mengemukakan bahwa pendidikan berawal dari fakta bahwa manusia mempunyai kekurangan. Pendidikan merupakan jawaban untuk membuat manusia menjadi lengkap. Dari pemahaman tersebut memberikan arah pemahaman bahwa pendidikan adalah sebuah kegiatan yang melekat kepada setiap kehidupan bersama. Salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam di Indonesia adalah pesantren. Pesantren merupakan salah satu hasil dari proses penyebaran Islam di berbagai wilayah nusantara, khususnya Jawa. Pesantren yang merupakan lembaga pendidikan Islam dan penyangga utama syiar Islam di Nusantara, kini tengah dihadapkan pada ujian berat. Pesantren dituduh telah mendidik para santrinya untuk melakukan aksi radikal. Tentu saja, tuduhan buruk itu membuat masyarakat muslim resah. Isu radikal yang dikait-kaitkan dengan pesantren telah membuat opini publik terhadap pesantren menjadi buruk. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana respon Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton terhadap munculnya Isu radikalisasi? Bagaimana peran Masyarakat dan Pesantren mencegah dan mengatasi munculnya Deradikalisasi Pendidikan di Pesantren Syafi’iyah Islamiyah Sumberanyar Paiton? Skripsi ini bertujuan,Untuk mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton terhadap munculnya isu Deradikalisasi, Untuk mendeskripsikan peran Masyarakat dan Pesantren mencegah dan mengatasi munculnya Deradikalisasi Pendidikan di Pesantren Syafi’iyah Islamiyah Sumberanyar Paiton Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi tekhnik, dan triangulangi metode. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa respon Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah dengan adanya deradikalisai ini sangat baik karena meskipun sebelumnya pondok pesantren ini tidak pernah terjadi aksi radikal namun tidak ada salhnya jika terjadi isu deradikaisasi yakni proses mengubah atau mengurangi pemikiran yang radikal menjadi yang moderat. Peran masyarakat dan Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah sangat penting dan memiliki cara dalam deradikalisai pendidikan yaitu dengan review kurikulum diberbagai tingkatan pendidikan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, tindakan antiradical, menghormati sebuah perbedaan karena perbedaan yang akan menambah sebuah pengetahuan. Bahkan kurikulum pesantren tidak lepas dari upaya pencegahan munculnya isu radikalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item View Item