Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Karakter Anak Yatim Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri Muhammadiyah Lumajang.

Wahyuni, Indah (2017) Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Karakter Anak Yatim Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri Muhammadiyah Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Wahyuni_084 131 018.pdf

Download (20MB)

Abstract

Sejatinya anak adalah amanat dari Allah SWT. Anak perlu mendapatkan perlakuan yang sama selayaknya anak yang lain. Tanggung jawab anak adalah orang tua dan tanggung jawab anak memiliki orang tua. Namun pada kenyataannya tidak semua anak memiliki orang tua, sehingga pendidikan anak tidak terpenuhi serta memiliki karakter yang lemah. Maka dalam hal ini peran panti asuhan sebagai lembaga yang menampung anak yatim dan terlantar dan sebagai wadah untuk mengajarkan kehidupan, mendidik dan mengembangkan kreativitas anak. Kesuksesan panti asuhan dalam mendidik anak tidak terlepas dari pengasuh dan para pengelolanya yang memegang peran penting dalam pembentukan karakter anak. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran pengasuh dalam membentuk karakter Religius Anak Yatim di LKSA Putri Muhammadiyah?; 2) Bagaimana peran pengasuh dalam membentuk karakter Disiplin Anak Yatim di LKSA Putri Muhammadiyah?; 3) Bagaimana peran pengasuh dalam membentuk karakter Percaya Diri Anak Yatim di LKSA Putri Muhammadiyah?; 4) Bagaimana peran pengasuh dalam membentuk karakter Mandiri Anak Yatim di LKSA Putri Muhammadiyah? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan peran pengasuh dalam membentuk Karakter Religius, Disiplin, Percaya Diri dan Mandiri Anak Yatim di LKSA Putri Lumajang. Penelitian di LKSA Putri Muhammadiyah ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui interview, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan degan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan trianguasi data. Adapun analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu melalui proses pengumpulan data, reduksi data penyajian data serta verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Peran Pengasuh dalam membentuk karakter Religius anak yatim yaitu dengan memberikan pendidikan keagamaan; (2) Peran Pengasuh dalam membentuk karakter Disiplinya itu dengan membiasakan anak-anak untuk sholat berjamaah tepat waktu; (3) Peran Pengasuh dalam membentuk karakter Percaya diri yaitu dengan melatih anak-anak untuk tampil di depan banyak orang dengan kegiatan khitobah; (4) Peran pengasuh dalam membentuk karakter Mandiri yaitu dengan memberikan bekal ketrampilan pada anak yatim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21408

Actions (login required)

View Item View Item