Metode Sosialisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Dalam Keluarga Buruh Perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo Ajung Jember

Sholeha, Is Zetus (2017) Metode Sosialisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Dalam Keluarga Buruh Perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Is Zetus Sholeha _084 131 267.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keluarga sebagai lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam membentuk generasi muda. Oleh karena itu orang tua sangat bertanggung jawab terhadap pertumbuh anak. Banyak cara yang digunakan orang tua dalam mensosialisasikan nilai agama islam pada anak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana metode sosialisasi nilai pendidikan agama islam I’tiqadiyyah pada anak dalam keluarga buruh perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo AjungJember?, 2) Bagaimana metode sosialisasi nilai pendidikan agama islam Khuluqiyah pada anak dalam keluarga buruh perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo AjungJember?, 3) Bagaimana metode sosialisasi nilai pendidikan agama islam Amaliyah pada anak dalam keluarga buruh perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo AjungJember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan metode sosialisasi nilai pendidikan agama islam I’tiqadiyyah pada anak dalam keluarga buruh perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo Ajung Jember?, 2) Untuk mendeskripsikan metode sosialisasi nilai pendidikan agama islam Khuluqiyah pada anak dalam keluarga buruh perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo Ajung Jember?, 3) Untuk mendeskripsikan metode sosialisasi nilai pendidikan agama islam Amaliyah pada anak dalam keluarga buruh perkebunan PTPN XII Kebun Renteng Afdeling Sidomulyo Ajung Jember? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang masyarakat perkebunan Afdeling Sidomulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan:1) metode yang digunakan dalam mensosilaisasi nilai pendidikan agama islam Khuluqiyah dengan bercerita. 2) metode yang digunakan dalam mensosilaisasi nilai pendidikan agama islam I’tiqodiyah dengan nasehat, pembiasaan dan pemberian hukuman. 3) metode yang digunakan dalam mensosilaisasi nilai pendidikan agama islam Amaliyah dengan instruksi, contoh dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:27
Last Modified: 31 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item