Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah Dasar Negeri Sempusari 01 Kaliwates-Jember Tahun Ajaran 2016/2017

Rozi, Khalid (2017) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah Dasar Negeri Sempusari 01 Kaliwates-Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khalid Rozi_084111241.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya lembaga yang di dalamnya terdapat siswa yang beragama Islam dan Kristen. Lembaga pendidikan tersebut di SDN Sempusari 01 Kaliwates Jember. Strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI menjadi suatu hal menarik karena di lembaga tersebut nilai-nilai toleransi sangat tinggi. Tidak ada diskriminasi oleh guru dan lembaga sekolah serta tidak adanya gejala saling menjelek-jelekkan satu sama lain. Dalam hal ini, guru memegang peranan penting sekali dalam proses belajar dan pembelajaran, salah satu yang dilakukan guru adalah memberikan pelayanan kepada para siswa dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasai, sehingga siswa mampu mencerna materi yang dibawakan oleh guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Apa saja strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI ) untuk menumbukan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SDN Sempusari 01? (2) Bagaimana strategi Pembelajaran Guru Agama Islam (PAI ) untuk menumbukan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SDN Sempusari 01?. Sedangkan Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran apa saja yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI ) untuk menumbukan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SDN Sempusari 01? (2) Untuk mendiskripsikan bagaimana strategi Pembelajaran Guru Agama Islam (PAI ) untuk menumbukan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SDN Sempusari 01?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Dengan metode-metode tersebut diharapkan dapat memperoleh datadata yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 01 Sempusari Kaliwates-Jember. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif untuk data yang kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Sempusari 01 antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Selain itu, di lapangan ditemukan adanya strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). (2) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menumbukan nilai-nilai toleransi, guru mengemas proses pembelajaran agar menyenangkan, serta tidak memaksakan materi-materi agama islam terhadap siswa yang non muslim. Karena memang dalai slam tidak ada paksaan. Namun, berangkat dari bebrapa strategi yang ada. Kata kunci: Strategi Pembelajaran dan Toleransi Antar umat Beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21411

Actions (login required)

View Item View Item