Aspek Pendidikan Islam Dalam Kitab Al-Ghunyah Lithalib Thariqi Al-Haq Azza Wa Jalla Karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani.

Rijal, Firqi M. (2017) Aspek Pendidikan Islam Dalam Kitab Al-Ghunyah Lithalib Thariqi Al-Haq Azza Wa Jalla Karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fiqi M. Rijal_084121416.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemorosotan moral yang melanda masyarakat kita saat ini terutama dikalangan generasi muda sangat memprihatinkan. Hal ini adalah dampak dari perkembangan yang tidak diimbangi dengan kesiapan mental dan spiritual dalam mengkonsumsi dan memanfaatkan teknologi modern. Untuk merealisasikan tugas, peranan dan tanggung jawab pelajar sebagai generasi penerus bangsa, maka perlu diadakan pembinaan Aspek-Aspek spiritual keislaman mulai dari pendidikan dasar sampai universitas, agar mereka bisa menanamkan keimanan dan ketaqwaan dalam hatinya serta membentenginya dari hal-hal yang merusak moral dirinya. Kitab alGhunyah dapat digunakan sebagai salah satu penunjang dalam pembinaan AspekAspek tersebut, karena didalam Kitab al-Ghunyah penulis dapat menemukan Aspek Pendidikan Islam sehingga dapat memberikan pemahaman terhadap pentingnya Aspek Pendidikan Islam dalam kehidupan kita. Bertolak dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana Aspek Pendidikan Aqidah dalam kitab AlGhunyah Lithalib Al-Haq Azza wa Jalla karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani? 2) Bagaimana Aspek Pendidikan Ibadah dalam kitab Al-Ghunyah Lithalib Al-Haq Azza wa Jalla karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani? 3) Bagaimana Aspek Pendidikan Akhlak dalam kitab Al-Ghunyah Lithalib Al-Haq Azza wa Jalla karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Aspek Pendidikan Aqidah dalam kitab Al-Ghunyah Lithalib Al-Haq Azza wa Jalla karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, 2) Untuk mendeskripsikan Aspek Pendidikan Ibadah dalam kitab Al-Ghunyah Lithalib Al-Haq Azza wa Jalla karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani. 3) Untuk mendeskripsikan Aspek Pendidikan Akhlak dalam kitab AlGhunyah Lithalib Al-Haq Azza wa Jalla karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani. Jenis penelitian ini sendiri adalah studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bacaan, seperti kitab klasik, buku-buku, majalah, internet, jurnal dan sumber-sumber lain yang relevan. Sedangkan pendekatan penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis). Analisis ini digunakan untuk mengungkapkan kandungan Aspek-Aspek tertentu dalam sebuah buku dengan memperhatikan pada konteks. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Aspek pendidikan Aqidah dalam kitab Al-Ghunyah terbagi menjadi tiga yaitu Ilahiah, Nubuwwah, Sam’iyyat 2) Aspek pendidikan Ibadah dalam kitab Al-Ghunyah dibagi menjadi dua sub yaitu Mahdhah mengandung penjelasan: Shalat, Puasa, Zakat, Haji, I’tikaf, sedangkan ghairu mahdhah mencakup: Amar Ma’ruf Nahi Mungkar, Nikah 3) Aspek pendidikan Akhlak dalam kitab Al-Ghunyah terdapat tiga yaitu Hablum min Allah, Hablum min an-Naas, Hablum min Alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item