Peran Pembinaan Pesantren Al-Mubarok dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2016.

Hayati, Kurnia Nur (2017) Peran Pembinaan Pesantren Al-Mubarok dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kurnia Nur Hayati_084 121 141.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kelenturan pondok pesantren dalam kehidupan sehari-hari ternyata membawa dampak positif bagi pondok pesantren untuk diterima oleh berbagai macam masyarakat, baik masyarakat pedesaan maupun kerajaan Islam di Indonesia, lembaga-lembaga pesantren itulah yang menentukan watak keIslaman dari kerajaan-kerajaan Islam. Salah satu pondok pesantren yang berkembang saat ini adalah pondok pesantren Al-Mubarok Desa Pondokrejo. Pondok pesantren turut peduli dengan lingkungan sekitarnya, salah satunya adalah dengan menanggulangi kenakalankenakalan yang di lakukan oleh remaja Desa Pondokrejo, diantaranya minuman keras, seks bebas, penggunaan obat terlarang dan obat-obatan terlarang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Pertama, bagaimana peran pembinaan perilaku keagamaan Pondok Pesantren Al-Mubarok dalam menanggulangi kenakalan remaja di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember?. Kedua, bagaimana peran pembinaan keterampilan Pondok Pesantren Al-Mubarok dalam menanggulangi kenakalan remaja di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan peran pembinaan perilaku keagamaan Pondok Pesantren Al-Mubarok dalam menanggulangi kenakalan remaja di lingkungan masyarakat Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Kedua, untuk mendeskripsikan peran pembinaan keterampilan Pondok Pesantren dalam menanggulangi kenakalan remaja di lingkungan masyarakat Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten jember. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data yang digunakan: a) observasi, b) wawancara dan c) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kemudian hasil dari penelitian ini adalah yang Pertama, peran pembinaan pondok pesantren Al-Mubarok dalam menanggulangi kenakalan remaja di lingkungan masyarakat Desa Pondokrejo, melalui kegiatan keagamaan yang terdiri dari pengajian kitab klasik dan majelis ta’lim yang diadakan pada hari kamis dan minggu, yang diikuti oleh semua santri. Dengan kegiatan ini Pondok Pesantren mampu merubah remaja tersebut menjadi lebih baik. Kedua, peran pembinaan pondok pesantren Al-Mubarok dalam menanggulangi kenakalan remaja di lingkungan masyarakat Desa Pondokrejo, melalui kegiatan keterampilan yang terdiri dari mencetak batu bata dan mengurus kolam lele, sehingga pondok pesantren mampu merubah remaja tersebut mempunyai pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21413

Actions (login required)

View Item View Item