Perilaku sosial Keagamaan Peserta Didik SMP Miftahul Ulum Curah Banteng Kaliwining Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017

Ubaidillah, M. Hasan (2015) Perilaku sosial Keagamaan Peserta Didik SMP Miftahul Ulum Curah Banteng Kaliwining Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M Hasan Ubaidillah_ 084 101 040.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada periode ini SMP Miftahul Ulum menerapkan sistem mengenai perilaku sosial keagamaan peserta didik melalaui program mengikutkan peserta didik kedalam jamiyah tahlil yang mana harapanya agar peserta didik mampu berinteraksi sosial bersama masyarakat dan mampu menunjukkan tidak ada kesenjangan lembaga sekolah dan masyarakat agar mampu menjadi satu kasatuan yang mampu memberikan dampak positif di dunia pendidikan. Hal ini diharapkan mampu memberikan suatu kemaslahatan dan pengertian terhadap orang tua siswa, sekolah dan masyarakat pada umumya bahwa lembaga pendidikan benar- benar bisa memberikan pendidikan yang maksimal. Adapun masalah yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimana perilaku sosial keagamaan peserta didik di lingkungan keluarga? 2) Bagaimana perilaku sosial keagamaan peserta didik di lingkungan sekolah? 3) Bagaimana perilaku sosial keagamaan peserta didik di lingkungan masyarakat? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perilaku sosial keagamaan peserta didik di lingkungan keluarga 2) Untuk mendeskripsikan perilaku sosial keagamaan peserta didik di lingkungan sekolah 3) Untuk mendeskripsikan perilaku sosial keagamaan peserta didik di lingkungan masyarakat. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi Sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) Perilaku sosial keagamaan dalam kelurga tergolong baik, dengan kebiasan orang tua yang membisakan anaknya selalu berakhlak baik baik kapada kerabat dan tetngganya. 2) Programm-program yang ada disekolah mampu memberikan kebiasaan yang bernuasakan keagamaan. Seperti salaing sapa salam dan membantu sesama teman. 3) Kegitan-kegitan keagamaan yang ada di masyarakat terbukti bisa mengontrol para remaja dan peserta didik untuk melukukan hal-hal yang positif saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item