Pelaksanaan Terapi Dzikir Padang Bulan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember.

Wardhani, Kartika Kusuma (2017) Pelaksanaan Terapi Dzikir Padang Bulan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KARTIKA KUSUMA WARDHANI_084 121 090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terapi merupakan salah satu usaha atau tindakan yang diambil dalam pengobatan penyakit. Terapi, dapat dikatakan sebagai salah satu cara dalam menangani seseorang yang mengalami gangguan pada dirinya atau tidak normal. Dukungan keluarga dan masyarakat juga menjadi bagian dari proses terapi tersebut. Pondok pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember merupakan lembaga pondok pesantren yang mempunyai ciri khas melakukan kegiatan dzikir padang bulan setiap satu bulan satu kali. Dengan tujuan agar kegiatan ini memiliki dampak positif terhadap para santrinya. Motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Berdasarkan uraian tersebut, maka fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Terapi Dzikir Padang Bulan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember. 2) Bagaimana Dampak Positif Pelaksanaan Terapi Dzikir Padang Bulan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Terapi Dzikir Padang Bulan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember. 2) Mendeskripsikan Dampak Positif Pelaksanaan Terapi Dzikir Padang Bulan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Wirolegi Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis field research, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif interaktif model Milles and Hubberman dan validitas data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, secara umum dapat disimpulkan bahwa : 1) Proses pelaksanaan Dzikir Padang Bulan di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kranjingan Jember, dilakukan secara rutin setiap tanggal 15 Bulan Hijriyah setelah mengerjakan Shalat Isya’ dan dipimpin langsung oleh Dr. Kh. Ach. Nasihin, AR. Kegiatan ini juga diikuti oleh wali santri dan masyarakat sekitar. 2) Dzikir Padang Bulan memiliki dampak positif bagi seluruh santri. Karena Dzikir merupakan salah satu bentuk ibadah yang ada di dalam agama Islam dan landasan naqliyah.nya tertera dalam surat al-A’raf. Inti dari surat ini adalah bahwa umat Islam dianjurkan untuk senantiasa berdizkir. Baik itu dzikir anggota badan dan panca indera, dzikir lisan, dzikir qolbi. Dalam mengontrol anaknya dalam hal dzikir orang tua sangat terbatas, karena dzikir ini memiliki kaitan dengan sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item