Pelaksanaan Belajar Mandiri Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Sejahtera Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

Fanani, M. Rizal (2017) Pelaksanaan Belajar Mandiri Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Sejahtera Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Rizal Fanani_084 121 178.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program Paket C sebagai bagian dari pendidikan kesetaraan merupakan pendidikan formal yang penyelenggaraannya dapat dilaksanakan oleh satuan lembaga pendidikan nonformal, seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). program tersebut ditujukan bagi masyarakat karena berbagai faktor tidak dapat menyelesaikan pendidikan atau putus sekolah di tingkat SMA/SMK/MA yang nantinya lulusannya diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dinyatakan dan diakui setara dengan SMA/SMK/MA. Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Sejahtera merupakan PKBM yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan terutama paket C, dan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi mata pelajaran yang proses pembelajarannya dilaksanakan secara mandiri. Belajar mandiri adalah kegiatan belajar aktif yang didorong oleh motif untuk menguasai suatu kompetensi, dan dibangun dengan bekal atau kompetensi yang telah dimiliki. Dalam belajar mandiri warga belajar diajarkan untuk melaksanakan kegiatan belajarnya secara mandiri, namun ketika muncul segala bentuk kesulitan atau ketidak mampuan dalam melaksanakan prosesnya, dapat meminta bantuan atau pertolongan kepada tutor atau orang lain yang dianggapnya mampu. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan belajar mandiri mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Sejahtera Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017. (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan belajar mandiri mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Sejahtera Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan Belajar Mandiri Paket C yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran.(2) Dalam pelaksanaan Belajar Mandiri Paket C terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Paket C. Faktor pendukung adalah program bimbingan, peranan tutor, dan fasilitas yang diberikan kepada warga belajar. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor ketidakmampuan warga belajar dalam membagi waktu antara waktu belajar dengan pekerjaan mereka, dan jauhnya tempat tinggal mereka terhadap PKBM Mandiri Sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item