Penanaman Nilai-Nilai Tauhid Wahabi yang Terkandung dalam Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah Ayat 255) Perspektif Tafsir As-Sa’di.

Mawarni, La Rossa Humaira Aruming (2017) Penanaman Nilai-Nilai Tauhid Wahabi yang Terkandung dalam Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah Ayat 255) Perspektif Tafsir As-Sa’di. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LA ROSSA HUMAIRA ARUMING MAWARNI_084 131 011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Islam mengajarkan umatnya untuk mengenal Tuhan melalui firman Tuhan dalam Alquran. Alquran adalah jalinan petunjuk yang kokoh dan peringatan yang bijak. Banyak sekali nilai-nilai yang terkandung di dalam Alquran, salah satunya yaitu nilai tauhid. Nilai –nilai tauhid banyak kita temui di dalam Alquran salah satunya yaitu pada ayat kursi. Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang terdapat dalam Alquran, ayat ini terletak pada surah Al-Baqarah ayat 255. Ayat ini dianggap ayat yang paling agung di dalam Alquran, di karenakan ayat kursi menyebutkan begitu banyak nama Allah didalamnya dan memiliki beberapa keutamaan. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah (1) Bagaimana penanaman nilai tauhid uluhiyah yang terkandung dalam ayat kursi (QS. AlBaqarah Ayat 255) perspektif Tafsir As Sa’di? (2) Bagaimana penanaman nilai tauhid rububiyah yang terkandung dalam ayat kursi (QS. Al-Baqarah Ayat 255) perspektif Tafsir As Sa’di? (3) Bagaimana penanaman nilai tauhid asma wa sifat yang terkandung dalam ayat kursi (QS. Al-Baqarah Ayat 255) perspektif Tafsir As Sa’di? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai tauhid uluhiyah yang terkandung dalam ayat kursi (QS. Al-Baqarah ayat 255) perspektif Tafsir As Sa’di (2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai tauhid rububiyah yang terkandung dalam ayat kursi (QS. Al-Baqarah ayat 255) perspektif Tafsir As Sa’di (3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai tauhid asma wa sifat yang terkandung dalam ayat kursi (QS. Al-Baqarah ayat 255) perspektif Tafsir As Sa’di. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan (library research).pada penelitian ini mengguanakan dua sumber data, yaitu (1) sumber data primer berupa Alquran dan tafsirnya, (2) sumber data sekunder berupa buku-buku yang berkaitan dengan tauhid dan ayat kursi. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan content analysis. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penanaman nilai tauhid uluhiyah yang berupa keesaan Dzat ini dengan metode pembiasaan, yaitu dengan membiasakan pengucapan kalimat tauhid dan dengan beribadah. (2) Penanaman nilai tauhid rububiyah yaitu dengan menanamkan kepada semua individu bahwa perbuatan Allah itu tidak sama dengan manusia, dengan menjelaskan bahwa Allah adalah pencipta alam semesta dan segala isinya, sepandai apapun manusia tidak akan bisa menandingi kekuasaan Allah. (3) Penanaman nilai tauhid asma wa sifat ini misalnya dengan mengenal sifat-sifat Allah yang terkandung di dalam namaNya, misalkan sifat-sifat wajib Allah , sifat-sifat mustahil Allah. Selain mengenal sifatsifatNya kita juga bisa meneladani sifat-sifat tersebut pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item View Item