fektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Komariyah, Laelatul (2016) fektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAELATUL KOMARIYAH_084 121 282.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah, merupakan poin penting dalam tercapainya keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar yaitu mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya Sejarah Kebudayaan Islam harus diorganisasikan dengan metode pembelajaran yang tepat. Dari berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kualitas belajar mengajar di sekolah, nampaknya faktor guru perlu mendapat perhatian yang pertama disamping kurikulum karena baik buruknya suatu kurikulum pada akhirnya bergantung pada aktivitas guru dalam menyebarkan dan merealisasikan kurikulum tersebut. Berdasarkan observasi yang diketahui bahwa pada awalnya model pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pakusari kurang membuat siswa itu aktif. Salah satunya dengan menggunakan metode ceramah. Dengan metode seperti ini dapat menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kelas dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu alternatif mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Metode ini dapat diterapkan pada pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang sudah diterapkan. Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana Efektivitas Model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana Efektivitas Model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:28
Last Modified: 31 Mar 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21422

Actions (login required)

View Item View Item