Purwanti, Lusi (2017) Penerapan Strategi Quantum Learning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
LUSI PURWANTI_084 121 272.pdf Download (35MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia yang mutlak harus dipenuhi, untuk mencapai kesejahteraan, dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sebagai seorang yang beragama islam, studi pendidikan agama islam sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi seseorang dalam beragama. Dunia pendidikan dituntut memberikan respon yang baik dan lebih cermat terhadap perubahan-perubahan yang tengah berlangsung dimasyarakat. Dengan pendidikan yang berkualitas akan selalu memberikan warna terhadap segala kemungkinan yang terjadi disekolah. Untuk mencapai tujuan pendidikan agama islam, SDN Sumber Anom menerapkan berbagai strategi pembelajaran untuk merubah pola belajar siswa yang salah satunya dengan menerapkan strategi quantum learning hal ini untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada pendidikan agama islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Fokus penelitian adalah: pertama, Bagaimana perencanaan pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso?. Ketiga, Bagaimana evaluasi pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran pendidikan agama islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso. Kedua, Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran pendidikan agama islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso. Ketiga, Untuk mendiskripsikan evaluasi pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran pendidikan agama islam di SDN Sumber Anom Tamanan Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: Pertama, Perencanaan pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix dilakukan: yaitu (1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Dalam RPP terdapat lima subtansi inti yaitu: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, (3) Dalam perencanaan strategi quantum learning terdiri dari beberapa langkah yaitu: guru memberi motivasai, guru harus menata lingkungan dengan baik agar siswa merasa lebih nyaman dan berfikir dalam belajarnya, guru harus memuji salah satu siswanya yang paling pintar agar siswa yang lain lebih keras dalam belajarnya, guru memberi kebebasan kepada siswanya dalam belajar karena setiap siswa berbeda-beda dalam belajarnya, guru membiasakan murid mencatat, guru membiasakan murid membaca, guru melatih hafalan siswa. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan: yaitu (1) Merujuk RPP yang telah disusun disebelumnya, karena dalam pembuatan RPP pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (2) Menggunakan prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Ketiga, Evaluasi pembelajaran strategi quantum learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan: yaitu (1) guru memberikan tugas yang sesuai dengan materi, evaluasi tersebut menggunakan tes atau non tes. Tes yang harus diikuti adalah Ulangan harian, Praktek. Pelaksanaan ujian non tes dilakukan guru pendidikan agama Islam dengan cara mengamati perilaku siswa dan kemudian dilaporkan p
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:28 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21425 |
Actions (login required)
View Item |