Konstruksi Wacana Intelektualitas Mahasiswa Stain Jember Tahun 2014 (Studi Kasus Pengguna Media Sosial Facebook)

Nuviq, M. Ilman (2015) Konstruksi Wacana Intelektualitas Mahasiswa Stain Jember Tahun 2014 (Studi Kasus Pengguna Media Sosial Facebook). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M.Ilman Nuviq_082 091 040.pdf

Download (457kB)

Abstract

Fenomena keterbukaan atau pengungkapan diri seakan menjadi hal yang biasa yang dilakukan mahasiswa STAIN Jember melalui media Sosial Facebook. Facebook sebenarnya diciptakan serta diharapkan sebagai media komunikasi positif, ternyata telah memberikan dampak negatif bagi beberapa kalangan terutama kaum muda di STAIN Jember bahkan, kaum muda Indonesia umumnya. Hal itu dibuktikan oleh beberapa kasus yang sering terjadi, baik berupa penculikan, perkosaan dan sebagainya dengan latar belakang perkenalan melalui Facebook. Berdasarkan latar belakang singkat tersebut, maka fokus penelitian ini adalah bagaimana wacana yang dipilih oleh mahasiswa STAIN Jember tahun 2014 pengguna facebook di media jejaring sosial. Apakah wacana-wacana yang dipilih mahasiswa STAIN Jember tahun 2014 pengguna facebook mengandung unsur-unsur intelektualitas? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, berupa update status facebook objek peneliti. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara non statistic, dengan data primer sebagai sumber data utama dan sumber data sekunder sebagai sumber data pendukung. Yakni analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran tokoh yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran tokoh yang diteliti. Kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian ini, yaitu mahasiswa STAIN Jember cenderung menggunakan wacana intelektual untuk memenuhi kebutuhan afiliasi semata. Karena pada dasarnya pengguna facebook berbeda dengan kehidupan dunia nyata, besar harapannya bahwa pengguna media sosial facebook membutuhkan pergaulan dengan orang lain. Dengan menggunakan media sosial facebook, pengguna mengharapkan dapat mencari solusi terkait dengan wacana yang diangkat dalam facebook, tempat kritik dan saran, mencari dukungan, mencari popularitas, serta mencari informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:29
Last Modified: 31 Mar 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item