Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga pendidik Di MA Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Misnawar, Mr (2017) Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga pendidik Di MA Mambaul Ulum Dukuhmencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Misnawar_084 124 015.pdf

Download (10MB)

Abstract

Inovasi pendidikan merupakan suatu hal yang sangat mendasar dan perlu dilaksanakan, agar dunia pendidikan kita dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan pembangunan bangsa di segala bidang. Inovasi pendidikan dilakukan pada saat ini, karena kebutuhan akan guru dan tenaga pendidik yang profesional sangat mendesak, terutama tatkala pendidikan dan pembelajaran semakin diakui oleh masyarakat. Jadi profesionalisme tenaga pendidik menjadi suatu keniscayaan Fokus Penelitian. Bagaimana inovasi pendidikan dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di MA Mambaul ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Sub Fokus Penelitian. 1) Bagaimana inovasi pendidikan dengan pendekatan karakteristik dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidiknya? 2) Bagaimana inovasi pendidikan dengan pendekatan institusional dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidiknya? 3) Bagaimana inovasi pendidikan dengan pendekatan legalistik dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidiknya? Berdasarkan pada fokus masalah di atas, untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi pendidikan dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidik. Tujuan Khusus: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana Inovasi pendidikan dengan pendekatan karakteristik dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidiknya. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi pendidikan dengan pendekatan institusional dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidiknya. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi pendidikan dengan pendekatan legalistik dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidiknya. Metode penelitian dalam pendekatannya menggunakan kualitatif deskriptif. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data adalah observasi, interview, documenter, dan di analisa dengan analisis data deskriptif. Dengan demikian penulis menyimpulkan: 1) Inovasi pendidikan dengan pendekatan karakteristik dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di MA Mambaul Ulum Sukorambi Jember diantaranya melalui pemenuhan syarat profesional, kepemilikan kode etik dan pemenuhan kesejahteraan. Di lembaga tersebut, usaha ini telah dilakukan meskipun masih belum sempurna. 2) Inovasi pendidikan dengan pendekatan instiotusional dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di MA Mambaul Ulum Sukorambi Jember diantaranya melalui penetapan asosiasi profesi, adanya dukungan masyarakat dan penetapan profesi guru sebagai kebutuhan. Pendekatan ini telah diupayakan semaksimal mungkin. 3) Inovasi pendidikan dengan pendekatan legalistik dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di MA Mambaul Ulum Sukorambi Jember bahwa sebagian dari Mereka mendapatkan sertifakatnya dari lembaga pendidikan saat mereka lulus dari pendidikan keguruaannya, diantaranya dengan adanya pengakuan atas suatu profesi oleh negara dengan menempuh tahapan registrasi, sertifikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:29
Last Modified: 31 Mar 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item View Item