Ubaidillah, Mr (2017) Relevansi Kurikulum Pondok Pesantren di Era Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Widoro Payung Besuki Situbondo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Ubaidillah_ 084 123 038.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum pesantren merupakan salah satu instrumen pendidikan yang penting keberadaannya, karena dengan kurikulum segala bentuk aktivitas pendidikan akan terarah dalam rangka pencapain tujuan pendidikan. Dalam UU SISDIKNAS di jelaskan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sehingga di era globalisasi ini patut kiranya kurikulum sebagai acuan dalam menyelenggarakan pendidikan, karena era globalisasi banyak sekali tantangan yang dihadapi ditambah lagi semakin majunya informasi dan teknologi. Dalam pandangan Islam, kurikulum dipandang sebagai alat untuk mendidik generasi muda dengan baik dan menolong mereka untuk membuka dan mengembangkan kesediaan-kesediaan, bakat-bakat, kekuatan-kekuatan dan keterampilan mereka yang bermacam-macam dan menyiapkan mereka dengan baik untuk menjalankan hak-hak dan kewajiban, memikul tanggung jawab terhadap diri, keluarga, masyarakat dan bangsanya. Dengan kurikulum pesantren yang diterap oleh Pondok Pesantren Nurul yaqin, maka tidak salah dikemudian hari harapan dan cita-cita pondok pesantren akan tercapai, baik di dunia ataupun akhirat. Adapun fokus penelitian adalah. 1) Bagaimana Relevansi Tujuan Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi 2) Bagaimana Relevansi Materi / Isi Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi, 3) Bagaimana Relevansi Metode Pembelajaran Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah. 1) Mendeskripsikan Relevansi Tujuan Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi (Studi Di Pondok pesantren Nurul Yaqin Widoro Payung Besuki Situbondo), 2) Mendeskripsikan Relevansi Materi/Isi Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi (Studi Di Pondok pesantren Nurul Yaqin Widoro Payung Besuki Situbondo), 3) Mendeskripsikan Relevansi Metode Pembelajaran Kurikulum Pondok Pesantren Di Era Globalisasi (Studi Di Pondok pesantren Nurul Yaqin Widoro Payung Besuki Situbondo).Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian Berdasarkan pengumpulan, pengolahan, reduksi data sampai pada penyajian data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Relevansi tujuan kurikulum Pondok Pesantren Pondok Pesantren Nurul Yaqin Widoro Payung Besuki Situbondo selaras di Era Globalisasi. Karna dilihat dari tujuan kurikulum pesantren Nurul Yaqin mengacu pada berdirinya pondok pesantren yang mengharapakn lulusan dari Pondok pesantren menjadi insane yang berakhlak mulia dan insane yang berguna dimasyarakat. 2) Relevansi materi kurikulum Pondok Pesantren Nurul Yaqin Di Era Globalisasi menjadi sebuah tantangan bagi pondok pesantren. Sehingga materi pondok pesantren dikolaborasikan dengan materi yang menjadi kebutuhan santri, seperti ketambahan materi keterampilan dan bahasa asing. Sehingga dari hal tersebut Pondok Pesantren bertransformasi menjadi Pondok Modern. 3) Relevansi Metode pembelajaran Kurikulum Pondok Pesantren Nurul Yaqin di Era Globalisasi menjadi sebuah tantangan baru bagi pondok pesantren. Karena melihat realitanya Era Globalisasi ditandai dengan majunya teknologi, sehgga metode yang terapakan di pondok pesantren memanfaatklan tekonologi. Semisal dengan metode tutorial dan praktek baik laboratorium maupun di luar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:29 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21432 |
Actions (login required)
View Item |