Implementasi Bimbingan Keagamaan Guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember Tahun ajaran 2017/2018.

Mustafidah, Ms (2017) Implementasi Bimbingan Keagamaan Guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember Tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Mustafidah_084 131 295.pdf

Download (9MB)

Abstract

Bimbingan keagamaan ini diadakan untuk semua guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember untuk memenuhi kebutuhan keagamaan guru. Dalam kegiatan bimbingan keagamaan guru mengadakan berbagai kegiatan salah satunya adalah membaca Al-Qur’an secara bergantian dan kegiatan silaturrahim yang dilaksanakan satu bulan sekali (anjangsana dari rumah kerumah). Pembentukan bimbingan keagamaan ini menaruh harapan untuk memiliki ketahanan spiritual kegamaan guru sehingga dapat membantu dalam mendidik peserta didik ataupun memberikan perkembangan terhadap seluruh siswi di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Maka fokus pembahasan penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan bimbingan keagamaan guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember tahun ajaran 2017/2018?, 3) Bagaimana evaluasi bimbingan keagamaan guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan bimbingan keagamaan guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember tahun ajaran 2017/2018, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember tahun ajaran 2017/2018, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi bimbingan keagamaan guru di Madrasah Aliyah ASHRI Jember tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkahlangkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1. Perencanaan implementasi kegiatan bimbingan keagamaan guru dengan menggunakan tahapan, yaitu a. Menyiapkan materi bimbingan keagamaan yang dikemas dalam bentuk power point, materi tersebut merupakan hasil dari pemikiran pemateri yang berdasarkan beberapa referensi baik dari kitab maupun dari buku-buku yang lain. b. Menyiapkan media bimbingan keagamaan yang berupa LCD sebagai media yang digunakan dalam pelaksanaannya, 2. Pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan guru menggunakan beberapa pendekatan yaitu a. pendekatan pengalaman menggunakan metode ceramah digunakan dalam materi zakat, sholat dan mitos yang tersebar dikalangan masyarakat, b. pendekatan pembiasaan menggunakan metode latihan atau bisa dikatakan metode penugasan karena penerima materi mendapat tugas untuk mencari materi sendiri tentang materi yang akan dibahas, c. pendekatan fungsional yaitu menggunakan metode demonstrasi yang digunakan dalam materi merawat jenazah, sholat dan haji. 3. evaluasi kegiatan bimbingan keagamaan guru menggunakan metode tanya jawab yaitu pemateri menanyakan tentang materi yang telah disampaikan, jika ada yang tidak bisa menjawab pemateri tidak memberi hukuman melainkan memberi nasehat agar guru lebih fokus dan lebih niat dalam mengikuti kegiatan bimbingan keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:29
Last Modified: 31 Mar 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item