Metode Dakwah Dalam Memberantas Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu, Dusun Langon Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember

Sa'adah, Muhibbatus (2015) Metode Dakwah Dalam Memberantas Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu, Dusun Langon Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhibbatus Sa’adah_082111037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam adalah agama dakwah artinya agama yang selalu mendorong pemeluknya untuk senantiasa aktif melakukan kegiatan dakwah. Bahkan maju mundurnya umat Islam sangat bergantung dan berkaitan erat dengan kegiatan dakwah yang dilakukannya. Dakwah menempati posisi yang tinggi dan mulia dalam kemajuan agama Islam. Khususnya dalam meminimalkan pergaulan bebas di kalangan remaja, karena diusia ini psikologi mereka masih labil dimana mereka masih mencari jati diri. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana metode Al-Hikmah dalam meminimalkan pergaulan bebas di kalangan remaja? b) bagaimana metode Mauidzoh Hasanah dalam meminimalkan pergaulan bebas di kalangan remaja? c) Bagaimana metode Al-Mujadalah dalam meminimalkan pergaulan bebas di kalangan remaja? dalam hal ini penelitian di lakukan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu, Dusun Langon Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk memberi masukan pada guru-guru tentang penggunaan metode dakwah yang sesuai dengan mad’unya, dalam hal ini adalah siswa SMA. Penelitian ini juga bermanfaat bagi para orang tua dalam mendidik anak-anaknya dalam usia remaja. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode ini maka penelitian dapat disajikan secara lugas, detail dan obyektif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, Interview dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Peneliti menemukan kesimpulan (1) Metode Al-hikmah sangat efektif digunakan dalam meminimalkan pergaulan bebas remaja di Madrasah Aliyah MA’arif Ambulu yaitu dengan memberikan pendidikan secara lemah-lembut dan kesabaran dan juga tidak memberikan kekerasan ketika mendidik siswa-siswiny. (2) Metode Mauidzoh Hasanah juga sangat efektif dalam meminimalkan pergaulan bebas remaja. Metode ini di terapkan dengan bentuk pemberian nasihat yang baik yang penuh kasih sayang ketika ada siswanya yang melakukan tindakan menyimpang, memberikan pemahaman tentang bahayanya pergaulan bebas dan menanamkan Akhlaqul Karimah sejak dini. (3) Selain menggunakan metode AlHikmah dan Mauidzoh Hasanah, para guru di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu juga menggunakan metode Al-Mujadalah (berdebat). Namun, metode AlMujadalah hanya digunakan apabila keadaan sangat memaksakan untuk menggunakannya, itupun dilakukan dengan menggunakan debat yang baik seperti diskusi dan dialog. Karena metode ini kurang tepat jika digunakan untuk menangani masalah pada anak remaja. Hasil pencapaian dari penggunaan metode dakwah Al-Hikmah, Mauidzoh Hasanah dan Al-Mujadalah yang digunakan di MA Ma’arif Ambulu ini terbukti bahwa setiap tahun pergaulan bebas dari siswanya berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:29
Last Modified: 31 Mar 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21435

Actions (login required)

View Item View Item