Pembudayaan Sikap Spiritual Siswa Melalui Istighosah di Lembaga Pendidikan Formal Yayasan Pondok Pesantren alAmien Sabrang Ambulu Jember tahun Pelajaran 2017/2018.

Dhiyausamsi, Muhammad (2017) Pembudayaan Sikap Spiritual Siswa Melalui Istighosah di Lembaga Pendidikan Formal Yayasan Pondok Pesantren alAmien Sabrang Ambulu Jember tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Dhiyausamsi_ 084131410.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan yang menitik beratkan pada proses pembentukan manusia yang kamil, seharusnya tidak hanya bergelut dalam pembentukan kecerdasan intelektual saja, melainkan ketiga unsur kecerdasan juga turut digerakkan secara beriringan. Kecerdasan Spiritual yang berperan sebagai pembiming dalam memaknai kehidupanakan membawa seseorang menemukan kebijaksanaan dalamkehidupannya. Orang yang telah memiliki kecerdasan spiritual akan mampu menyikapi segala sesuatu yang terjadi pada dirinya dengan positif. Dengan demikian sikap spiritual harus mulai ditingkatkan dalam proses belajar-mengajar, dengan niatan kelak siswa yang sudah terjun ke-masyarakat mampu berkonstribusi dan berpengaruh terhadap manusia lain. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah pembudayaan sikap iman siswa melalui idtighosah di lembaga pendidikan formal yayasan pondok pesantren al amien jember, 2) Bagaimanakah pembudayaan sikap taqwa siswa melalui istighosah di lembaga pendidikan formal yayasan pondok pesantren al amien jember. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan pembudayaan sikap iman siswa melalui istighosah di lembaga pendidikan formal yayasan pondok pesantren al amien jember, 2) Mendeskripsikan pembudayaan taqwa siswa melalui istighosah di lembaga pendidikan formal yayasan pondok pesantren al amien jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informannya mengunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembudayaan sikap iman siswa melalui istighosah dengan cara membudayakan siswa untuk selalu berdo’a, meminta segala sesuatu hanya kepada Allah SWT, selalu beristighfar, bersholawat, percaya atas keberadaan Allah SWT, selalu mendekatkan diri kepada Allah, selalu memuji Allah dan RasulNya, selalu hidup bersama, dan tidak hanya butuh terhadap akal, melainkan butuh terhadap bantuan spiritual juga. Untuk pembudayaan sikap taqwa siswa melalui istighosah dengan cara membudayakan siswa selalu patuh terhadap peraturan sekolah maupun agama, selalu menggantungkan diri kepada Allah SWT, selalu berserah diri (tawakal) kepada Allah SWT, dan selalu berbuat/beramal baik untuk kehidupan nanti di akhirat kelak setalah mati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:29
Last Modified: 31 Mar 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item