Analisis Wacana Terhadap Pesan Dakwah Ustad Yusuf Mansur Melalui Media Televisi

Hindawiyah, Nada (2015) Analisis Wacana Terhadap Pesan Dakwah Ustad Yusuf Mansur Melalui Media Televisi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NADA HINDAWIYAH_082 111 042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dakwah dan media merupakan komponen yang saling membutuhkan dan saling melengkapi. Dewasa ini media mengalami perkembangan pesat, sehingga secara tidak langsung pula mempengaruhi cara berdakwah yang ada. Hal ini dapat dilihat sejak munculnya wayang kulit sebagai media dakwah yang digunakan pada masa walisongo, pada saat itu media dakwah lebih menitik beratkan pada akultrasi budaya yang ada pada masyarakat, dengan tujuan agar dakwah yang disampaikan dapat diterima oleh khalayak dakwah. Berdasarkan tujuan yang sama pula, dakwah harus mampu mengimbangi adanya perkembangan dan kemajuan, termasuk pula adanya kemajuan teknologi dan informasi, sehingga media dakwah yang digunakan menyelaraskan diri dengan adanya kemajuan tersebut, salah satu cara dengan adanya berbagai tayangan dakwah di media televisi. Namun media tidak lepas dari sebuah kepentingan, bagaimana media dapat mengkonstruksi pesan yang disampaikan, sehingga pesan dakwah yang tayang melalui media televisi sudah tidak lagi murni aktifitas dakwah, melainkan sudah dibumbui adanya kepentingan tertentu baik finansial atau yang lainnya. Disisi lain ustad Yusuf Mansur, salah satu da’I yang muncul di televisi dengan menarik satu benang merah setiap pesan dakwahnya pada tema tertentu, Padahal secara keseluruhan da’i-da’I lainnya tidak demikian. Berdasar hal tersebut diatas maka penelitian ini akan membahas tentang Analisis Wacana Terhadap Pesan Dakwah Ustad Yusuf Mansur Melalui Media Televisi. untuk memudahkan proses penelitian ini maka fokus masalah yang diteliti, yaitu: a. Bagaimana media mengkonstruksi pesan dakwah ustad Yusuf Mansur melalui media Televisi?. b. Adakah kaitan pesan dakwah ustad Yusuf Mansur dengan wacana tertentu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana media mengkonstruksi pesan dakwah yang disampaikan ustad Yusuf Mansur, serta mengetahui adakah pesan dakwah yang disampaikan memiliki kaitan dengan wacana tertentu (ekonomi dan keagamaan). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi case. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan analisis data menggunakan analisis wacana Teun A Van Dijk. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Hasil penelitian in dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, Dominasi pesan dakwah yang disampaikan ustad Yusuf Mansur tidak terkait dengan wacana ekonomi, akan tetapi lebih condong terhadap wacana ibadah. Hal ini diindikasikan melalui perjalanan Yusuf Mansur dalam memaknai sadakah itu sendiri. kedua, Adapun peran media dalam mengkonstruksi pesan dakwah ustad Yusuf Mansur, dengan menampilkan sedemikian rupa hal-hal yang mendukung terhadap materi dakwah yang disampaikan ustad Yusuf Mansur. Sebagaimana mengacu pada poin pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:29
Last Modified: 31 Mar 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item