Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Keluarga Buruh Tani di Desa Lojejer-Wuluhan-Jember

Laily, Nadhirotul (2017) Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Keluarga Buruh Tani di Desa Lojejer-Wuluhan-Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nadhirotul Laily_084121225.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting untuk pembentukan kepribadian anak, dalam hal ini yang berperan dalam pembentukan kepribadian anak, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam tinjauan ajaran Islam manusia terdiri dari dua unsur yaitu jasmani dan rohani yang keduanya disini jika tidak dikendalikan maka akan berakibat fatal, hal tersebut bisa dihindari melalui tiga lingkungan tersebut. Mengingat nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat diperlukan oleh semua orang karena untuk menentukan serta menjadi tolak ukur baik dan buruk tingkah laku seseorang, apalagi pada zaman sekarang nilai-nilai pendidikan agama Islam hampir tidak diperhatikan. Oleh karena itulah sekarang ini diperlukan sebuah strategi dalam penanaman nilai- nilai pendidikan agama Islam dalam hal ini orang tua yang harus berperan dimana orang tua sebaiknya mempunyai strategi yang variatif supaya nilai pendidikan agama Islam dapat diterima dan diamalkan oleh anak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga buruh tani di Desa Lojejer Wuluhan Jember? 2) Bagaimana materi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga buruh tani di Desa Lojejer Wuluhan Jember? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak- anak keluarga buruh tani di Desa Lojejer wuluhan- jember. 2) Untuk mendeskripsikan materi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak- anak keluarga buruh tani di Desa Lojejer Wuluhan Jember. Kemudian metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Kualitatif. Jenis penelitian menggunakan study kasus, penentuan informan menggunakan metode Purposif Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi,Interview, Dokumenter. Dan metode analisis data model Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan: 1) Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak-anak di Desa Lojejer Wuluhan Jember, yaitu dengan mengajari anak untuk membaca Al-Qur’an, bercerita dan mengambil hikmahnya serta mengenalkan rukun iman menggunakan lagu-lagu. Mengajak anak untuk melaksanakan sholat berjamaah di Musholla dan memberikan pengetahuan tentang ibadah. Mengajak anak untuk tekun beribadah kepada Allah, saling menghormati kepada sesama terutama berbicara yang sopan kepada orang tua, dapat menyayangi hewan maupun tumbuhan; 2) Materi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak-anak di Desa Lojejer Wuluhan Jember, yaitu Materi penanaman pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga tani di Desa Lojejer Wuluhan Jember yaitu akidah terdiri dari materi rukun iman, syari’ah menyangkut masalah shalat, zakat fitrah, puasa ramadhan. Serta materi akhlak berkaitan dengan akhlak kepada Allah yaitu tekun beribadah, akhlak kepada sesama, yaitu saling menghormati dan bertutur kata sopan, akhlak kepada lingkungan, yaitu menyayangi binatang dan menjaga tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:30
Last Modified: 31 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item