Hidayah, Nur Laeli (2017) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nur Laeli Hidayah_084 103 003.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di sebuah lembaga pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu lembaga pendidikan yang di embannya. Peran kepala sekolah yang dijalankan secara efektif dan continue tentu memberikan pengaruh yang positif terhadap kemajuan lembaganya, begitu juga sebaliknya, baik pada wilayah administrasi maupun supervisi. Dengan demikian, maka kemampuan pimpinan sekolah untuk bisa berperan menjadi pemimpin sekaligus sebagai manajer adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi jika menginginkan terciptanya pendidikan yang benar-benar bermutu. Adapun, fokus penelitian ini, 1) bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03?, 2) bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03?, 3) bagaimana peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03? 4) bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03? Tujuan penelitian ini adalah:1) mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03 tahun pelajaran 2016/2017. 2) mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03 tahun pelajaran 2016/2017. 3) mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03 tahun pelajaran 2016/2017. 4) mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03 tahun pelajaran 2016/2017 Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan bagian akhir penguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ajung 03 adalah meningkatkan partisipasi bawahan, keterbukaan dan motivasi. 2) peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah selalu mengelola kurikulum, keuangan dan kearsipan. 3) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah supervisi kelas, akademik dan non akademik. 4) peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah memberi petunjuk, berkomunikasi dengan bawahan, dan mengambil keputusan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:30 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21442 |
Actions (login required)
View Item |