Peran Perempuan Dalam Membina Keluarga Sejahtera (Studi Kasus Ibu-Ibu Pekerja Di Pt.MDR (Mangli Djaya Raya) Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2016).

Khoiriyah, Naimatul (2017) Peran Perempuan Dalam Membina Keluarga Sejahtera (Studi Kasus Ibu-Ibu Pekerja Di Pt.MDR (Mangli Djaya Raya) Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naimatul Khoiriyah_084 121 271.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mayoritas yang terjadi pada istri atau ibu yang ada di Desa Petung ini menjadi buruh di pabrik PT. MDR yang kerjanya mulai dari pagi dan sore, para ibu rumah tangga ini berperan dalam membantu perekonomian keluarga dengan menjadi buruh di pabrik tersebut. Ibu rumah tangga ini menganggap bahwa mereka dapat meringankan beban suami dalam mencari nafkah melalui bekerja di pabrik sebagai buruh tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai pengurus rumah tangga. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana peran perempuan pekerja di PT. MDRPetung Bangsalsari Jember Tahun 2016 sebagai istri dalam membina keluarga Islam?, 2) Bagaimana Peran Perempuan Pekerja di PT. MDRPetung Bangsalsari Jember Tahun 2016 sebagai ibu dalam membina keluarga Islam?. Tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan peran perempuan pekerja di PT. MDR Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember sebagai istri dalam membina keluarga islam. 2) mendeskripsikan peran perempuan pekerja di PT. MDR Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember sebagai ibu dalam membina keluarga islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengunpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1)Peran perempuan pekerja di PT. MDRsebagai istri dalam membina keluarga sejahtera yaitu sebagai seorang istri pekerja di PT. MDRbanyak hal yang bisa dilakukan dalam membina sebuah keluarga sejahtera dengan menjaga kesetiannya terhadap suami, saling menghormati, taat kepada suami dan melayani kebutuhan suami dan anak sebelum berangkat bekerja dan sesudah pulang bekerja. Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat kurang cukup tetapi sebagai seorang istri tetap menjalankan kewajibannya baik di dalam keluarga maupun di masyarakat. 2) Peran perempuan pekerja di PT. MDRsebagai ibu dalam membina keluarga sejahtera yaitu sebagai seorang ibu pekerja di PT. MDRdi dalam aktivitas yang sibuk sebagai ibu dan pekerja harus tetap memperhatikan anak dari segi pendidikan dan kebutuhan anak. Seorang ibu pekerja dalam memberikan pendidikan formal mereka memilihnya dengan lembaga pendidikan yang berkualitas sedangkan untuk pendidikan keagamaan mereka lebih menyerahkan kepada kyai karena takut terjadi kekurangan maksimal dalam mendidiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:30
Last Modified: 31 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21443

Actions (login required)

View Item View Item