Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Relasi Guru dan Siswa Dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Bagi Siswa Phattana Islam Wittaya School Lammai Yala Thailand Selatan.

Fasadena, Nova Saha (2015) Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Relasi Guru dan Siswa Dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Bagi Siswa Phattana Islam Wittaya School Lammai Yala Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nova Saha Fasadena_082 111 009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sekolah merupakan tempat didikan bagi anak – anak. Tujuan dari sekolah adalah mengajar tentang mengajarkan anak yang mampu memajukan bangsa. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa di bawah pengawasan guru. Pemilihan sekolah bagi para orang tua serta masyarakat tidak hanya di lihat dari segi fasilitas saja akan tetapi pelayanan sekolah terhadap anak- anak mereka. Siswa yang puas merupakan aset yang sangat berharga bagi sekolah karena apabila siswa puas maka orang tua serta masyarakat terus percaya terhadap sekolah dan sekolah akan terus berkembang dan maju seiringnya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tersebut. Untuk itu komunikasi sangatlah penting dalam suatu hubungan. Sistem pelayanan pendidikan yang mengarah pada kepuasan siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal gurunya. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara orang secara tatap muka sehingga memungkinkan pesertanya untuk menangkap reaksi orang lain secara langsung. Komunikasi interpersonal dikatakan lebih efektif untuk mengumpulkan informasi mengenai individu karena merupakan interkasi tatap muka sehingga respon yang ditimbulkan dapat diprediksikan. Menurut Joseph De Vito terdapat lima faktor yang mempengaruhi terbentuknya komunikasi interpersonal yang efektif yaitu keterbukaan, empati, sikap positif dan kesetaraan. Apabila kelima aspek tersebut dapat dipenuhi maka kepuasan siswa dapat terpenuhi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang menjelaskan hubungan kualitas komunikasi interpersonal dengan tingkat kepuasan Komunikasi siswa dan Hubungan kualitas relasi guru dan siswa dengan tingkat kepuasan komunikasi siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa Phattana islam Wittaya School yang diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 681 orang dan sampel sebesar 87 responden. Pengujian ini menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan perolehan kualitas komunikasi interpersonal, kualitas relasi, dan tingkat kepuasan komunikasi siswa. sedangkan untuk mengetahui besaran koefisien korelasinya digunakan uji korelasi Karl Perason, dan untuk menguji perolehan Tingkat Kepuasan Komunikasi digunakan uji Variansi f-test dengan analysis of variances analisa dua jalur sebagai alat bantu analisis. Hasil pengujian melalui uji t menunjukkan tidak adanya hubungan antara komunikasi interpersonal dengan tingakat kepuasan komunikasi siswa, sedangkan kualitas relasi terdapat hubungan terhadap tingkat kepuasan komunikasi siswa. Untuk pengujian f-test terpadat hubungan secara sumulatif antara variabel X1 dan X2 terhadap Y. Kata Kunci: Kualitas Komunikasi interpersonal, Kualitas Relasi, Tingkat Kepuasan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:30
Last Modified: 31 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21445

Actions (login required)

View Item View Item